luxdomini.net

Manfaat Tidur dengan Sarung Bantal Sutra untuk Kesehatan Rambut

Ilustrasi perempuan sedang tidur
Lihat Foto

- Tidur merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai oleh banyak orang. Selain sebagai momen untuk melepaskan kepenatan, tidur juga diyakini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kesehatan rambut.

Sutra adalah jenis kain yang memiliki banyak manfaat, banyak ahli kecantikan mengklaim bahwa tidur di atas bahan ini dapat membuat rambut menjadi lebih baik di pagi hari.

Baca juga: Jaga Kecantikan dengan Tidur Pakai Sarung Bantal Sutra

Apakah sarung bantal sutra benar-benar meningkatkan kesehatan rambut?

Manfaat sarung bantal sutra

Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan rambutmu, tidur dengan sarung bantal sutra adalah pilihan yang tepat.

Alasannya? Sutra halus dan lembut, yang membantu meminimalkan statis pada rambut dan mengurangi masalah-masalah lain yang berhubungan dengan rambut.

"Gesekan dari katun dapat mengganggu lapisan kutikula, menyebabkan rambut kusut, patah, kusam, dan helai rambut kering," kata Justine Marjan, penata rambut selebriti.

"Sutra tidak menyerap atau menarik kelembapan dari kulit seperti halnya sarung bantal katun tradisional, sehingga rambut tetap terhidrasi dan bebas kusut," tambah Marjan.

Di samping itu, menurut Richy Kandasamy, seorang penata rambut dan anggota R+Co Collective, mengistirahatkan kepala di atas kain ini akan membuat rambut bertekstur lebih segar dan tidak terlalu lepek saat bangun tidur.

Baca juga: Cara Sederhana Mendapatkan Rambut Berkilau

Ilustrasi sarung bantal sutra. SHUTTERSTOCK/YULIYA LOGINOVA Ilustrasi sarung bantal sutra.

Manfaat sutra untuk berbagai jenis rambut

Menurut Kandasamy bagi mereka yang memiliki rambut bertekstur dan keriting, tidur di atas bantal sutra sangat bermanfaat, karena helaian rambut tidak akan menjadi terlalu kering, lebih berkilau, dan pola keritingnya akan terlihat lebih sehat.

Mereka yang memiliki rambut lurus dan bergelombang juga dapat mengambil manfaat dari sarung bantal sutra.

"Ketika kamu berbaring di atas sarung bantal sutra atau satin, minyak alami dari rambut akan tetap terjaga, dan bukannya terserap, sehingga rambut akan tetap ternutrisi (bukannya kering dan tidak berkilau)," kata Kandasamy.

Dan jika kamu suka mem-blow rambut, sarung bantal ini bahkan dapat membantu mempertahankan tampilan rambutmu.

Menggunakan bahan sutra juga dapat membuat lapisan luar kutikula rambut menjadi rata, sehingga helaian rambut akan terlihat dan terasa lebih halus.

Baca juga: Benarkah Tidur di Atas Sarung Bantal Sutra Buat Rambut Lebih Baik?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat