luxdomini.net

8 Manfaat Masker Lidah Buaya, Tak Cuma buat Kulit Kering

Manfaat masker lidah buaya untuk kulit wajah.
Lihat Foto

- Ternyata, ada sejumlah manfaat masker lidah buaya yang bisa kita rasakan untuk kulit.

Adapun lidah buaya terkenal luas memberikan efek penyembuhan pada kondisi kulit tertentu. Misalnya, untuk kulit terbakar matahari, luka kecil, atau luka lecet.

Secara umum, lidah buaya aman untuk kulit wajah jika digunakan dengan tepat.

Namun, beberapa orang mungkin mengalami gatal atau sensasi terbakar ketika menggunakannya. Jika kamu mengalaminya, segera hentikan pemakaian.

Selain itu, jangan gunakan pada kulit yang terinfeksi. Sebab, meskipun gel memiliki sifat mikroba, lapisan pelindungnya dapat mengganggu proses penyembuhan dan memperburuk infeksi.

Baca juga: Madu hingga Lidah Buaya, 5 Obat Gatal Alami untuk Eksim

Bagian dalam tanaman lidah buaya adalah bentuk yang paling ampuh. Namun, sebagai opsi, produk yang dijual bebas juga bisa digunakan. Untuk hasil terbaik, carilah gel yang mencantumkan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Untuk penyakit kulit, ekstrak lidah buaya tidak bekerja sebaik gel. Hal ini karena gel memiliki elemen pelembap untuk melindungi dan menyembuhkan kulit.

Lebih lanjut, berikut manfaat masker lirah buaya, seperti dilansir dari Healthline.

Manfaat masker lidah buaya

1. Luka bakar

Untuk luka bakar ringan, oleskan gel lidah buaya ke area yang terkena hingga tiga kali sehari. Jika dibutuhkan, kita juga perlu melindungi area tersebut dengan kain kasa.

2. Terbakar sinar matahari

Lidah buaya membantu meredakan sensasi terbakar akibat sinar matahari. 

Namun, penelitian menunjukkan bahwa cara ini bukanlah cara efektif untuk mencegah sengatan matahari. Jadi, pastikan tetap menggunakan tabir surya setiap hari.

Baca juga: 8 Rekomendasi Sunscreen SPF 30, Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

3. Lecet kecil

Jika dagu atau dahi lecet, kamu bisa mengoleskan lidah buaya di area tersebut untuk meredakan rasa sakit dan sensasi terbakar dengan cepat. Kita bisa menggunakannya tiga kali sehari.

4. Luka

Jika sudah terbiasa menggunakan produk seperti Neosporin untuk luka ringan, pertimbangkan untuk mencoba lidah buaya sebagai gantinya.

Struktur molekul lidah buaya mamou membantu menyembuhkan luka dengan cepat dan meminimalkan jaringan parut dengan meningkatkan kolagen dan melawan bakteri. Kita bisa mengoleskannya hingga tiga kali sehari.

Baca juga: 7 Tips Meredakan Luka Terbakar Matahari

5. Kulit kering

Gel lidah buaya mudah menyerap, sehingga cukup ideal untuk mengatasi kulit berminyak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat