luxdomini.net

Cara Membuat Masker Lidah Buaya agar Tidak Gatal

Ilustrasi gel lidah buaya.
Lihat Foto

- Mengetahui cara membuat masker lidah buaya menjadi hal penting jika kita ingin mendapatkan khasiatnya secara maksimal.

Adapun beberapa manfaat masker lidah buaya untuk kulit wajah termasuk meredakan luka bakar dan sensasi terbakar akibat sinar matahari, lecet kecil, kulit kering, hingga eksim, seperti dilansir dari Healthline.

Baca juga: Cara Pakai Lidah Buaya untuk Obat Gatal Alami

Berikut cara membuat masker lidah buaya yang bisa kamu coba praktikkan.

Cara membuat masker lidah buaya

Cara termudah untuk mendapatkan gel lidah buaya segar adalah dengan memelihara tanaman lidah buaya di halaman belakang rumah.

Langkah-langkah untuk mengekstrak gel lidah buaya mentah adalah sebagai berikut:

  • Gunakan pisau tajam untuk memotong daun dari tanaman di dekat akar
  • Bilas daun lidah buaya dan keringkan
  • Letakkan sisi yang sudah dipotong menghadap ke bawah dalam mangkuk dan biarkan selama sekitar 15 menit agar getah kuningnya mengering
  • Tekan daun untuk membantunya melunak
  • Keluarkan gel dengan hati-hati menggunakan sendok atau pisau
  • Cuci gel dengan hati-hati untuk membersihkannya dari residu apa pun
  • Tempatkan gel dalam wadah yang dapat ditutup rapat dan dinginkan sebelum digunakan

Sebagai catatan, menyimpannya di dalam lemari es membuat lidah buaya tahan hingga dua minggu.

Baca juga: Lidah Buaya Jadi Kunci Awet Muda Yuni Shara, Ini Gunanya untuk Kulit

Jika membeli gel aloe vera dari toko atau supermarket, pastikan membeli produk yang tidak mengandung bahan tambahan, seperti alkohol atau bahan kimia lainnya yang mungkin akan mengiritasi kulit.

Kamu bisa menggunakannya dengan dengan cara-cara berikut: 

1. Toner: campurkan air dengan lidah buaya dengan porsi 2:1, kemudian oleskan pada wajah menggunakan bola kapas atau kapas bersih.

2. Cuci muka: gunakan ujung jari untuk mengoleskan sedikit gel pada wajah. Kemudian, bersihkan dengan lembut menggunakan gerakan melingkar, bilas dengan air dingin, dan tepuk-tepuk hingga kering.

3. Gigitan serangga: cuci area yang terkena gigitan serangga dengan sabun dan air. Kemudian,  keringkan dengan tisu dan tutupi area tersebut dengan lidah buaya. Biarkan di kulit setidaknya selama 15-20 menit.

4. Luka kecil atau lecet: cuci area tersebut dengan sabun dan air dan biarkan mengering. Oleskan sedikit lidah buaya pada luka atau luka, tutupi area tersebut dengan perban, dan biarkan semalaman.

5. Eksim: oleskan sedikit gel ke wajah dan biarkan selama 5-10 menit. Kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan lembut.

6. Jerawat rosacea: campurkan satu sendok makan gel lidah buaya dengan dua hingga tiga tetes jus lemon segar dan oleskan sedikit pada bintik-bintik jerawat dan bekasnya satu hingga dua kali sehari.

7. Kulit terbakar: oleskan gel lidah buaya dua hingga tiga kali sehari ke area yang terbakar sinar matahari.

Baca juga: 8 Manfaat Masker Lidah Buaya, Tak Cuma buat Kulit Kering

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat