luxdomini.net

Cara Sederhana Mendapatkan Rambut Berkilau

ilustrasi rambut berkilau, cara mendapatkan rambut berkilau
Lihat Foto

- Siapa yang tak menginginkan rambut yang sehat dan berkilau seperti yang sering kita lihat di iklan shampoo? Rambut yang bersinar bukan hanya menjadi tanda kecantikan, tapi juga indikasi kesehatan rambut secara keseluruhan.

Jika kamu juga menginginkan rambut yang tampak sehat dan bercahaya, beberapa tips sederhana ini dapat membantu.

Cara mendapatkan rambut berkilau

Meski sudah banyak saran untukmendapatkan rambut berkilau, namun inilah beberapa di antaranya:

1. Bilas rambut dengan air dingin setelah menggunakan kondisioner

Saat kamu selesai mencuci rambut dan mengaplikasikan kondisioner, berikan sentuhan terakhir dengan membilasnya dengan air dingin.

"Kelembapan dari air hangat akan membuka kutikula dan memungkinkan nutrisi dari kondisioner meresap ke dalam kutikula dan menutrisi rambut," kata Mark Townsend, penata rambut selebriti, seperti dilansir dari laman Real Simple.

"Tapi jangan lupa, setelahnya siram rambut dengan air dingin saat kamu membilas kondisioner agar kutikula menutup, menyegel nutrisi dan memungkinkan rambut memantulkan cahaya," 

Meskipun terdengar sederhana, langkah ini dapat membuat perbedaan besar. Air dingin membantu menutup kutikula rambut, sehingga menjadikannya lebih halus dan berkilau. Selain itu, air dingin juga membantu menjaga kelembapan alami rambut.

Baca juga: 10 Langkah Rutinitas Perawatan Korea untuk Rambut Berkilau 

2. Pilih produk dengan bahan ramah kulit

Ketika memilih produk perawatan rambut, perhatikanlah bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Pastikan untuk menghindari bahan-bahan yang keras atau berpotensi merusak rambut.

"Seringkali, orang akan mencoba memperbaiki masalah rambut dengan produk topikal seperti hairspray atau shine spray, padahal sebenarnya kita perlu mengatasi masalahnya lebih dalam lagi," kata Clariss Rubenstein, penata rambut selebriti.

Lebih baik lagi, pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan alami yang ramah terhadap kulit dan rambut, seperti aloe vera (lidah buaya), minyak kelapa, atau ekstrak herbal.

3. Hindari bahan berbahaya

Membaca label pada sampo, kondisioner, dan produk penataan rambut menjadi sangat penting, karena kamu mungkin menemukan bahan-bahan yang tidak cocok denga rambutmu.

Rivera mencatat bahwa meskipun dia selalu merekomendasikan sampo dan kondisioner profesional, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berbelanja.

“Hindari produk yang mengandung sulfat, karena dapat berdampak buruk pada rambut karena menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya kusam,” kata Rivera.

“Produk yang mengandung biotin, kolagen, dan vitamin B sangat penting untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.”

Baca juga: Tips Mencegah Rambut Bercabang dan Jaga Tetap Berkilau

4. Cobalah bilas dengan cuka sari apel

Agar rambut mengkilap, kamu mungkin menggunakan banyak produk penambah kilau setiap hari. Namun, penumpukan produk dapat berdampak buruk pada rambut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat