luxdomini.net

Bagaimana Mengatasi Garis Belahan Rambut yang Semakin Lebar? 

Ilustrasi rambut rontok. Kolagen dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok.
Lihat Foto

- Apakah kamu menyadari bahwa garis belahan rambutmu tampak semakin lebar sehingga kulit kepala di bagian itu terlihat jelas? Bila itu yang terjadi, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kerontokan rambut.

Penipisan dan kerontokan rambut menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Meskipun demikian, ada berbagai alasan yang menyebabkan kerontokan rambut, dan umumnya terlihat dari mundurnya garis rambut di dahi dan melebarnya belahan rambut. 

Mengapa rambut rontok?

Sebagian besar kerontokan rambut terjadi ketika folikel rambut yang tersebar di seluruh kepala berada dalam fase istirahat yang berkepanjangan atau tidak lagi aktif. 

"Ini bisa karena usia atau kondisi kesehatan dan pengaruh hormon," ujar ahli trikologi dan pendiri Color Collective Kerry Yates. 

Baca juga: 9 Hal Mengejutkan yang Bisa Menyebabkan Rambut Rontok

Khusus pada bagian belahan rambut, garis ini bisa menjadi lebih lebar karena kita lebih sering menyisirnya. Tarikan sisir akan membuat rambut di sekitarnya lebih mudah lepas, dan akhirnya garis belahan ini makin melebar.

Menurut ahli trikologi Kota New York Penny James, sebagian besar kerontokan rambut disebabkan telogen difus kronis, alopecia difus, alopecia androgenik, masalah tiroid, atau sindrom ovarium polikistik (PCOS). 

“Semuanya akan menyebabkan kerontokan rambut di bagian tepi depan dan memberikan tampilan bagian yang lebih lebar di bagian atas kulit kepala,” jelasnya. 

Mengingat hal ini, penting untuk mencari dokter atau ahli rambut untuk menyusun rencana pengobatan, karena masalah ini sulit kita atasi tanpa bantuan tim profesional.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Rambut Rontok, Menurut Ahli

Apa yang bisa dilakukan?

Penyebab kerontokan akan menentukan apakah rambut akan tumbuh kembali atau tidak. Sayangnya, kata James, kerontokan rambut bagian depan sulit diatasi. 

“Semakin cepat kita mengambil tindakan ketika melihat tanda-tanda pertama kerontokan dan pelebaran, semakin baik hasil yang akan kita peroleh,” katanya. “Hal terpenting adalah mendapatkan informasi yang benar tentang apa yang menyebabkan rambut kamu rontok.” 

Dengan mengetahui penyebabnya, kita dapat mengambil langkah yang benar untuk mengatasi rambut rontok.

Meskipun demikian, James mencatat bahwa menggunakan larutan topikal, seperti minoxidil (yang bisa kita dapatkan melalui resep dari dokter kulit atau dokter umum), dapat bermanfaat seiring dengan pemberian vitamin yang tepat. 

“Mengonsumsi multivitamin atau suplemen nutrisi yang berfokus pada rambut dapat membantu mendorong rambut kembali ke fase pertumbuhan dalam 90 hari,” tambah Yates.

Baca juga: 7 Tips Atasi Masalah Rambut Rontok pada Pria

Mengurangi rambut rontok

Selain itu, Yates memiliki beberapa tips untuk membantu mendorong pertumbuhan rambut: 

Pijat kulit kepala secara rutin

“Memijat kulit kepala minimal empat menit setiap hari akan meredakan ketegangan sekaligus melancarkan sirkulasi darah,” jelasnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat