luxdomini.net

Perjuangan "Jastiper" di Bazar Kecantikan, Berburu Promo Demi Harga Terbaik

Linda (22), seorang jastiper asal Bekasi bagikan pengalamannya saat berburu promo untuk pesanan jastip.
Lihat Foto

JAKARTA, - Munculnya jasa titip atau jastip menjadi angin segar bagi para konsumen produk yang tak sempat membeli langsung ataupun ingin membeli barang tanpa perlu berdesakan dengan konsumen lain.

Terlebih jika ada bazar-bazar yang menjual produk dengan promo harga yang besar, minat masyarakat untuk membeli akan semakin tinggi. Karenanya banyak pelaku bisnis jastip yang memanfaatkan momentum tersebut untuk menghasilkan cuan.

Seperti halnya dengan Linda, perempuan asal Bekasi yang telah menggeluti bisnis jastip selama kurang lebih lima tahun.

berkesempatan langsung untuk menemui Linda di bazar kecantikan Jakarta X Beauty belum lama ini.

Baca juga:

Linda dan rekan jastipnya rela menyewa hotel dekat venue acara demi bisa berburu promo dan sampai di lokasi lebih awal.

“Kalau saya sih jadinya nginep di sekitaran venue biar pagi sudah bisa standby di sini. Karena kalau pulang malam juga lumayan jaraknya,” ujar Linda kepada di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Perempuan 22 tahun itu tampak membawa dua koper berukuran 22 inci. Linda tiba di lokasi satu jam lebih awal dari dibukanya pintu masuk utama.

Ia dan rekannya pun berbagi tugas atau bergantian untuk menjelajahi setiap bagian venue agar bisa menjemput pesanan para pembelinya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Tempat Donasi Botol Skincare Bekas

Menurut Linda, pembeli dengan pemesanan barang yang banyak biasanya diprioritaskan terlebih dahulu. Hal ini karena dirinya khawatir ada pesanan yang ketinggalan dibeli.


"Sebenarnya kalau pas belanja itu kami biasanya prioritaskan pesanan yang paling banyak dulu, karena takut ada yang ketinggalan. Habis itu baru hunting yang pesanannya sedikit,” jelasnya.

Booth Mad for Make Up di Jakarta X Beauty 2024./Devi Pattricia Booth Mad for Make Up di Jakarta X Beauty 2024.

Setiap harinya, Linda dan rekannya mengecek kembali daftar pesanan dari pelanggan setianya.

Untuk sistem pembayaran, Linda memilih agar para pelanggan membayarkan terlebih dahulu sebelum dikirim.

“Jadi setiap ada order saya udah rekap dan langsung pembayaran dulu oleh customer. Kalau event Jakarta X Beauty ini kan ada yang pre-order, itu beda lagi sistem dan pembayarannya,” kata Linda.

Baca juga: Kisah Jastiper Pameran Kecantikan, Rela Nginap Dekat Venue Demi Panen Cuan 

Memang ada beberapa booth yang menyediakan sistem pre-order atau pembelian barang dengan memesan dalam kurun waktu tertentu.

Pembeli yang mengikuti sistem pre-order pun harus membayar keseluruhan total belanjaannya terlebih dahulu. Namun yang membedakan adalah sistem pre-order tidak bisa dipesan dan dikirimkan secara mendadak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat