luxdomini.net

8 Cara Melatih Fokus untuk Orang Dewasa, Cobalah Praktikkan

Ilustrasi cara melatih fokus dewasa saat bekerja.
Lihat Foto

- Ada berbagai cara melatih fokus orang dewasa yang dapat dipraktikkan. Ini termasuk hal teknis seperti meluangkan waktu khusus untuk fokus pada satu tujuan, hingga memperbaiki aspek lain seperti cukup tidur dan berolahraga.

Jika kamu mengalami kesulitan fokus, ketahuilah ada beragam penyebabnya.

Dilansir dari Harvard Medical School, ini termasuk kondisi kesehatan seperti depresi dan gangguan tidur, konsumsi obat-obatan, minum alkohol berlebih, atau informasi berlebihan yang merangsang otak, sehingga informasi-informasi tersebut membebani system penyaring informasi di otak dan kita jadi mudah terdistraksi.

Ada beragam cara melatih fokus untuk orang dewasa yang bisa kita praktikkan. Berikut ulasan singkatnya.

Baca juga: 9 Kebiasaan yang Kita Perlukan Agar Tetap Fokus dan Disiplin

Cara melatih fokus dewasa

1. Latihan kesadaran

Latihan kesadaran atau mindfulness memungkinkan kita memusatkan perhatian kepada masa kini. 

Menurut neuropsikolog dari Brigham and Women's Hospital, praktik ini terbukti mampu membantu menajamkan kerja otak sehingga perhatian kita dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih kuat.

Cobalah duduk diam selama beberapa menit setiap harinya sambil memejamkan mata, kemudian usahakan okus pada pernapasan serta suara dan sensasi di sekitar kita.

Baca juga: 6 Cara Mudah untuk Melatih Mindfulness di Segala Usia

2. Latihan kognitif

Permainan pelatihan kognitif terkomputerisasi bertujuan untuk meningkatkan waktu respons dan perhatian kita.

Menurut Willment, tujuan memainkan game-game ini bukan untuk menjadi lebih baik dalam game tersebut, tetapi untuk lebih baik dalam aktivitas kognitif di kehidupan sehari-hari.

Namun, ada bukti bahwa kemampuan seseorang untuk fokus terhadap sesuatu dapat ditingkatkan dengan mendorong orang tersebut secara progresif ke tingkat kinerja yang lebih tinggi. 

"Jadi, jika kamu sudah mencapai tingkat perhatian berkelanjutan tertentu, mendorongnya ke tingkat berikutnya dapat membantu meningkatkan fokus, dan hal ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Adapun beberapa game yang dapat membantu melatih fokus antara lain sudoku, puzzle, catur, pencarian kata, dan permainan memori.

3. Menghabiskan waktu di alam terbuka

Untuk secara alami meningkatkan fokus, ternyata kita bisa mencoba membiasakan diri ke luar rumah, bahkan sekadar untuk berjalan kaki di lingkungan sekitar, seperti dilansir dari Healthline.

Jika tak memiliki banyak Waktu, kamu juga bisa sekadar duduk di taman rumah. Semua paparan alam terbuka memberikan manfaat.

Menurut Asosiasi Psikologi Amerika (APA), menghabiskan waktu di alam dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan fisik dan mental.

Baca juga: Jalan-jalan ke Alam Terbuka Ampuh Hilangkan Stres

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat