luxdomini.net

Cara Mengetahui Tanda Hiperpigmentasi pada Kulit Sawo Matang

Ilustrasi kulit sawo matang
Lihat Foto

 

JAKARTA, - Masyarakat Indonesia identik dengan warna kulit sawo matang. Pesona kulit sawo matang masyarakat Indonesia pun memberikan kesan yang eksotis. 

Meskipun terlahir dengan kulit sawo matang, bukan berarti masyarakat Indonesia terbebas dari masalah kulit hiperpigmentasi

Dokter kulit dr. Listya Paramita Sp.DVE, FINSDV mengungkap bahwa cara mengetahui adanya hiperpigmentasi pada kulit sawo matang bisa dilihat langsung dari permukaan kulit. 

“Untuk tahu adanya hiperpigmentasi di kulit sawo matang itu bisa dilihat langsung di area sekitar kulitnya saja,” kata dr. Listya dalam Dermlive by La Roche Posay di Chillax Sudirman, Selasa (9/7/2024).

Baca juga: Hindari, 5 Faktor Penyebab Munculnya Hiperpigmentasi di Kulit

Kamu bisa bandingkan warna kulit wajah maupun badan, kondisi hiperpigmentasi akan terlihat noda atau bagian tertentu yang warnanya cenderung lebih gelap. 

“Dibandingkan warnanya dengan warna kulit aslinya. Kalau sekiranya ada bagian yang lebih gelap, bisa jadi itu hiperpigmentasi,” jelasnya.

Menurut dr. Listya, secara teori kondisi kulit yang sehat bukan hanya kenyal dan bercahaya, melainkan juga memiliki warna yang merata.

Maka dari itu, apabila kelembapan kulit sudah baik tetapi masih ada noda hitam dan warna kulit yang tidak merata, artinya masih ada permasalahan kulit yang harus diselesaikan.

“Kalau kita ngomong tentang kulit yang sehat, teorinya adalah warna kulitnya merata, tidak ada lagi bagian yang lebih gelap atau lebih terang,” ujarnya. 

Baca juga: Apa Saja Jenis Kondisi Kulit yang Termasuk Hiperpigmentasi?

Dr. Listya menyatakan permasalahan kulit hiperpigmentasi juga bisa terjadi pada setiap orang, tanpa pandang bulu. 

Artinya setiap orang dengan jenis dan warna kulit berbeda pun bisa mengalami hiperpigmentasi di kulit wajah maupun badan.

Lebih jauh, dr. Listya menambahkan bahwa kondisi hiperpigmentasi cukup mudah dilihat oleh mata telanjang. Sehingga jika kamu sudah melihat adanya hiperpigmentasi, sebaiknya segera diberikan perawatan khusus yang lebih intensif. 

“Biasanya kalau hiperpigmentasi kita bisa lihat langsung dari visualnya aja. Gampangnya kalau ada noda bekas jerawat di wajah pun itu sudah masuk hiperpigmentasi juga, loh,” imbuh dr. Listya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat