luxdomini.net

Apakah Hiperpigmentasi pada Kulit Bisa Dihilangkan?

Ilustrasi kulit belang atau warna kulit tidak merata
Lihat Foto

 

JAKARTA, - Kondisi kulit yang mengalami hiperpigmentasi tentu bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Apalagi kalau hiperpigmentasinya terjadi pada kulit wajah. 

Menutupi hiperpigmentasi di kulit hanya dengan menggunakan make up tidak akan membuat kondisinya semakin membaik. Hal tersebut hanya menutupinya sementara waktu. 

Maka sangat penting untuk mengatasi kondisi hiperpigmentasi kulit dengan perawatan yang lebih intensif.

Dokter kulit dr. Listya Paramita Sp.DVE, FINSDV mengungkap bahwa hiperpigmentasi bisa menghilang jika ditangani dengan tepat dan cepat.

Baca juga: Hindari, 5 Faktor Penyebab Munculnya Hiperpigmentasi di Kulit

“Bisa hilang, tapi kita harus lihat dulu nih kondisi hiperpigmentasinya sudah di grade atau tingkat yang mana,” kata dr. Listya dalam Dermlive by La Roche Posay di Chillax Sudirman, Selasa (9/7/2024).

Dr. Listya juga menyatakan waktu untuk menghilangkan hiperpigmentasi sangat beragam, tergantung pada seberapa besar tingkat keparahannya.

Semakin banyak dan berat tingkat hiperpigmentasinya, maka akan semakin membutuhkan waktu untuk menghilangkannya.

Bahkan kondisi hiperpigmentasi yang sudah melebar perlu mendapatkan obat yang khusus dari dokter.

Hiperpigmentasi itu ada macam-macam tingkatnya, ada yang ringan dengan warna coklat muda,” jelas dr. Listya. 

“Lalu ada yang agak berat yang warnanya coklat lebih gelap dan sudah melebar. Terkadang kondisi ini perlu kombinasi dengan obat tertentu,” sambungnya. 

Baca juga: Apa Saja Jenis Kondisi Kulit yang Termasuk Hiperpigmentasi?

Meskipun demikian, dr. Listya juga merekomendasikan penggunaan skincare dengan bahan dasar yang bisa mengobati hiperpigmentasi, salah satunya kandungan Melasyl.

Selain itu, kamu tetap perlu menjaga kulit dari paparan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan sunscreen setiap beraktivitas. 

“Tapi kalau baru mulai kelihatan noda kecoklatan atau hiperpigmentasinya, itu bisa pakai skincare dengan kandungan melasyl,” tutur dr. Listya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat