luxdomini.net

Diet Clean Eating Tak Selalu Baik, Ini Sebabnya

Ilustrasi pola makan clean eating.
Lihat Foto

 

- Clean eating dinilai sebagai salah satu pola makan paling menyehatkan sekaligus dapat membantu menurunkan berat badan.

Namun, pola makan ini tak selalu baik karena sejumlah alasan.

Sebelumnya, penting diketahui bahwa clean eating adalah pola makan dengan makanan minim pengolahan, seperti dilansir dari situs Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

Dengan begitu, makanan yang dikonsumsi masih segar dan belum banyak kehilangan nutrisi.

Baca juga: Bantu Turunkan Berat Badan Prilly hingga 12 Kg, Apa Itu Diet Clean Eating?

Adapun beberapa sumber makanan alami minim pengolahan seperti buah, sayur, protein nabati, kacang-kacangan, dan minyak nabati.

Alasan clean eating tak selalu baik

Menerapkan clean eating belum tentu cocok bagi semua orang dan malah belum tentu menyehatkan bagi mereka.

Melansir Medical News Today, beberapa orang dapat mengembangkan obsesi untuk menemukan makanan paling bersih sampai-sampai secara mental atau fisik menghukum diri sendiri jika makan sesuatu yang mereka tidak yakini bersih.

Beberapa ahli medis menyebutnya sebagai orthorexia nervosa fiksasi, yang dapat diterjemahkan sebagai "fiksasi pada makanan yang benar".

Menurut sebuah artikel di jurnal Social Science & Medicine, banyak pola makan clean eating yang berada di bawah bendera orthorexia.

Meskipun orang dengan orthorexia nervosa mungkin mengonsumsi makanan sehat, namun fiksasi mereka pada makanan tersebut tidak sehat.

Baca juga:

Beberapa orang mungkin mulai mengisolasi diri dari orang lain karena begitu fokus pada diet mereka dan takut dikritik oleh mereka yang tidak mengikuti diet tersebut.

Pada akhirnya, ingatlah bahwa ada sejumlah pola makan yang bisa diterapkan untuk tetap sehat. Berkonsultasi dengan ahli tetap paling disarankan agar kita bisa memilih pola makan yang tepat.

Jika seseorang sudah mengadopsi sikap yang tidak sehat terhadap makan, maka penting untuk menemui dokter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat