luxdomini.net

Mengenal Rangkaian Skincare untuk Bayi, Ada Sunscreen

Ilustrasi bayi bermain
Lihat Foto

JAKARTA, - Meningkatnya kepedulian masyarakat akan kesehatan kulit, membuat kehadiran skincare semakin mendapatkan perhatian.

Bukan hanya pada orang dewasa saja, perawatan kulit anak juga mulai populer. Apalagi kulit bayi maupun anak-anak masih cukup tipis dan membutuhkan nutrisi yang ekstra.

Lantas, apa saja rangkaian skincare yang dibutuhkan untuk bayi dan anak? Product Development Pielmoist dr. Yulia Lestari membagikan beberapa produk skincare yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan kulit si kecil. Simak selengkapnya.

Baca juga: Orangtua Wajib Tahu, Kandungan Berbahaya yang Tidak Boleh Ada di Skincare Bayi

1. Sabun dan shampoo

Sabun dan shampoo menjadi produk perawatan kulit yang paling wajib dan sudah banyak digunakan.

Selain menjaga kesehatan kulit dan rambut, sabun dan shampo juga bisa menghempas bakteri dan kuman yang menempel.

Dr. Yulia mengimbau para orangtua untuk mencari sabun dan shampoo yang lembut dan bebas dari kandungan Sodium Lauryl sulfate (SLS), Sodium Laureth Sulfate (SLES), paraben, serta pewangi.

“Kalau untuk saat mandi itu tetap menggunakan sabun dan shampoo yang bebas SLS, SLES, paraben, minim pewangi. Ini supaya anak enggak terkena efek samping berupa iritasi atau alergi,” kata dr. Yulia kepada saat ditemui di Menara Kompas, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

2. Pelembab

Setelah mandi, dr. Yulia menyarankan untuk selalu mengoleskan pelembab ke seluruh bagian kulit anak. Hal ini bertujuan untuk menjaga kulit si kecil tetap terhidrasi dengan baik.

Menurut dr. Yulia, para orangtua juga bisa memilih moisturizer telon dibandingkan minyak telon yang bisa memicu iritasi pada kulit bayi.

“Sesudah itu gunakan juga pelembab dan ini wajib untuk bayi ya. Bisa pilih moisturizer telon ataupun lotion telon, karena minyak telon saja sudah tidak disarankan untuk dipakai,” ujarnya

Moisturizer telon memberikan kelembapan sekaligus memberikan sensasi yang sedikit hangat. Sehingga bayi tetap nyaman saat beraktivitas.

“Kalau moisturizer telon itu ada wanginya sedikit dari essential oilnya. Jadi tidak ada minyak telon murninya, dia juga sensasi hangatnya enggak berlebihan,” jelas dr. Yulia.

Baca juga: 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Skincare Bayi

3. Diaper Cream

Salah satu produk skincare yang tak boleh ketinggalan yaitu diaper cream atau rash cream. Penggunaan popok bayi bisa memicu alergi pada sebagian besar bayi, khususnya yang memiliki tipe kulit sensitif.

Oleh karenanya, dr. Yulia mengungkap bahwa si kecil membutuhkan diaper cream untuk menenangkan kulit yang ruam dan gatal akibat penggunaan popok bayi.

Rash cream ataupun diaper cream memang dibuat untuk dipakai di area popok. Biasanya kalau pakai popok itu kulit anak muncul ruam, nah diaper cream bisa mengurangi itu,” tutur dr. Yulia.

4. Sunscreen

Lebih lanjut, dr. Yulia juga menyatakan bahwa kulit bayi dan anak membutuhkan sunscreen. Namun penggunaan sunscreen anak dianjurkan ketika usianya sudah di atas 6 bulan.

Kadar SPF untuk sunscreen anak pun disarankan mulai dari SPF 30. Hal ini agar perlindungan sunscreen dari dampak buruk sinar matahari bisa lebih optimal.

“Kadar SPF yang disarankan untuk sunscreen anak itu mulai dari SPF 30 dan jenisnya lebih baik yang physical sunscreen,” pungkas dr. Yulia.

Baca juga: Bayi dan Anak Juga Butuh Skincare, Sediakan 3 Produk Ini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat