luxdomini.net

Begini Cara Buat Betah ART agar Tidak Pindah Kerja

Ilustrasi ART.
Lihat Foto

- Kehadiran asisten rumah tangga (ART) sangat membantu meringankan beban pekerjaan rumah. Terlebih, jika Anda punya kesibukan tinggi, seperti bekerja atau menjalankan usaha.

Meski begitu, ART yang loyal dan betah bekerja sulit ditemukan. Tak heran, terdapat ungkapan “mencari ART lebih sulit ketimbang mencari jodoh”.

Penyebab ART tidak betah bekerja sendiri bermacam-macam, mulai dari beban kerja yang berlebihan, kurang komunikasi, hingga perlakuan kurang menyenangkan dari pemilik rumah.

Agar ART betah dan senang bekerja di rumah, Anda bisa melakukan lima hal berikut.

1. Bangun suasana nyaman dan kekeluargaan

Suasana yang nyaman dan kekeluargaan di rumah merupakan salah satu kunci membuat ART merasa betah.

ART bukan mesin, melainkan manusia yang memiliki perasaan. Untuk itu, ia berhak mendapatkan kenyamanan secara emosional.

ART juga sama seperti profesi pekerjaan lain. Agar bisa betah bekerja, Anda wajib menghargai dan memperlakukannya dengan baik. Jika perlu, anggaplah sebagai bagian dari keluarga. Terlebih, bila ART tinggal bersama dalam satu rumah.

Anda bisa memulainya dengan sering mengajak berbincang dan menunjukkan perhatian terhadap kondisinya.

Dengan lingkungan yang nyaman, ART akan merasa dihargai sehingga ia bisa lebih semangat dalam bekerja. Pada akhirnya, ia pun semakin betah berada di rumah.

2. Berikan tanggung jawab sesuai porsi

Sama seperti profesi lain, ART juga memiliki tanggung jawab atau beban kerja tertentu sesuai perjanjian yang dibuat.

Tugas ART umumnya adalah membantu sebagian besar pekerjaan rumah tangga. Jadi, pastikan Anda tidak memberikannya tugas di luar tanggung jawab tersebut. Sesuaikan pula beban kerja dengan gaji yang ia terima.

Dikutip dari passporthealthusa.com, orang yang berlebihan dalam bekerja cenderung lebih sering mengalami kelelahan.

Akibatnya, ia jadi lebih rentan terkena masalah kesehatan fisik dan mental. Hal itu pada akhirnya membuat para pekerja jadi kehilangan motivasi dan memilih keluar dari pekerjaan.

Oleh karena itu, jangan berikan beban kerja berlebihan agar ART tidak merasa kelelahan dan jenuh. Berikan pula waktu libur selayaknya profesi pekerjaan lain.

Baca juga: Punya Manfaat Ganda, Ini Cara Unit Link Menunjang Masa Depan Gen Z

3. Pahami kebutuhan dan keinginannya

Setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan ART.

Oleh karena itu, pahami dan komunikasikan apa saja yang ART butuhkan. Mendengarkan dan memahami kebutuhan serta keinginan ART akan membuat dirinya merasa dihargai dan diperhatikan.

Sebagai contoh, jika ART menginginkan libur tambahan saat pulang kampung, Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut dan memberikannya izin.

4. Berikan bonus

Anda bisa memberikan bonus sebagai penghargaan atas kerja keras ART. Pemberian bonus dapat memotivasi ART dalam bekerja.

Dilansir dari laman topcv.co.uk, pemberian bonus kepada pekerja, termasuk ART, dapat meningkatkan kadar dopamin selaku zat penting yang berperan dalam memengaruhi emosi seseorang.

Singkatnya, dengan memberikan bonus kepada ART, Anda secara tidak langsung juga meningkatkan kebahagiaan dan komitmen mereka.

Bonus yang diberikan bisa berupa uang tambahan, hadiah kecil, atau fasilitas lain. Penghargaan semacam ini menunjukkan bahwa Anda menghargai dan mengakui kerja keras mereka.

5. Berikan fasilitas

Anda dapat pula memberikan fasilitas layak kepada ART. Jika ART tinggal serumah, berikan kamar dengan pencahayaan dan ventilasi yang baik, kamar mandi yang bersih, kipas angin, dan perlengkapan lain.

Agar ART tidak merasa cemas, Anda pun bisa memberikannya fasilitas khusus seperti asuransi kesehatan dan jiwa. Fasilitas ini memberikan banyak manfaat bagi ART, mulai dari menjaga kesehatan hingga kesejahteraannya.

Baca juga: Begini Cara Asuransi Masa Kini Jawab Kebutuhan Gen Z

Salah satu produk asuransi yang bisa Anda pertimbangkan kepada ART adalah produk FWD Asuransi Jiwa dan Penyakit Kritis Plus.

Produk asuransi tersebut tidak hanya menawarkan perlindungan jiwa, tetapi juga perlindungan terhadap sejumlah penyakit kritis.

Produk itu memiliki fitur pengembalian premi dari 103 persen hingga 110 persen (sesuai ketentuan yang berlaku), tergantung rencana yang dipilih.

Fitur pengembalian premi sendiri bisa dikategorikan sebagai nilai tabungan yang dapat Anda berikan kepada ART saat masa asuransinya berakhir pada tahun ke-8.

Tak hanya itu, produk asuransi tersebut juga memiliki sejumlah manfaat lain.

Dilansir dari laman fwd.co.id, salah satu manfaat tersebut adalah FWD Insurance akan memberikan 100 persen uang pertanggungan jika tertanggung mengalami risiko dari terdiagnosis penyakit kronis, seperti kanker, serangan jantung, dan stroke.

Uang pertanggungan juga akan diberikan jika tertanggung meninggal karena sebab apa pun.

Jika keluarga tertanggung mengalami penyakit, seperti tipes, malaria, dan demam berdarah, serta harus dirawat di intensive care unit (ICU) rumah sakit, tertanggung akan mendapatkan penggantian uang senilai Rp 15 juta untuk lima kali kejadian selama masa asuransinya aktif.

Dengan manfaat tersebut, ART pun tidak khawatir akan risiko jiwa dan penyakit kritis yang mungkin terjadi pada masa depan.

Terkait premi, biaya yang ditawarkan pada produk FWD Asuransi Jiwa dan Penyakit Kritis Plus pun sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 150.000 per bulan hingga Rp 1,5 juta per tahun.

Anda juga akan mendapatkan keuntungan tambahan dan bisa menghemat biaya premi sebesar Rp 300.000 jika pembayaran premi dilakukan secara tahunan.

Sebagai informasi, selain produk FWD Asuransi Jiwa dan Penyakit Kritis Plus, FWD Insurance juga memiliki produk lain yang tak kalah bermanfaat.

Produk tersebut adalah FWD Asuransi Jiwa dan Asuransi Bebas Handal (asuransi kesehatan). Kedua produk ini hadir dengan premi yang tak kalah terjangkau, yakni mulai dari Rp 70.000 per bulan.

Cari tahu lebih detail terkait produk asuransi yang ditawarkan oleh FWD Insurance, silakan klik tautan berikut.

Baca juga: Jarang Diketahui, Berikut 7 Manfaat Matahari Pagi bagi Kesehatan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat