luxdomini.net

Tips Memilih Busana untuk Pemilik Tubuh Segitiga Terbalik

Ilustrasi perempuan memilih warna baju
Lihat Foto

- Kita tentu pernah merasakan pakaian tertentu yang terasa cocok dengan bentuk tubuh kita. Mungkin kamu kemudian bertanya-tanya mengapa pakaian itu terlihat bagus?

Selain warna dan modelnya, pakaian akan terlihat bagus bila sesuai dengan bentuk dan lekuk tubuh kita. Nah, dengan mengetahui bentuk tubuhmu, kamu bisa memilih pakaian yang cocok agar penampilan terlihat sempurna. 

Kali ini kita akan membahas pakaian yang cocok untuk pemilik tubuh berbentuk segitiga terbalik, yakni mereka yang memiliki bagian bahu lebih lebar dibanding pinggulnya.

Apa itu bentuk tubuh segitiga terbalik?

Tipe tubuh segitiga terbalik ditandai dengan area bahu atau dada yang lebih lebar lalu menjadi lebih sempit ke arah pinggul dan makin menyempit di bagian kaki. 

“Pemilik bentuk tubuh ini bahunya lebih lebar dari pinggul, dan biasanya memiliki lingkar pinggang yang tidak jelas,” kata Mikara Reid, CEO dan penata gaya pribadi di MIIEN Consultancy. 

Baca juga: Mari Mengenali Bentuk Tubuh Pria-Wanita yang Ideal...

Cara mengenali tipe tubuh segitiga terbalik:

  • Area bahu, punggung, atau dada lebar
  • Bagian pinggang kurang terdefinisi
  • Pinggul kurang lebar dibandingkan bahu
  • Kaki ramping
  • Bokong berada di sisi yang lebih kecil

Apa tipe bentuk tubuh lain?

Ilustrasi bentuk rubuh Ilustrasi bentuk rubuh
Beberapa bentuk tubuh wanita yang paling umum adalah bentuk segitiga, di mana pinggul lebih besar dari payudara; bentuk jam pasir, dengan pinggul dan payudara besar namun pinggang kecil; bentuk persegi, di mana pinggul, pinggang, dan bahu tampak memiliki lebar yang sama; dan bentuk bulat, yang bagian tengah tubuhnya lebih berisi.

Kita dapat mengetahui bentuk tubuh dengan melakukan pengukuran atau berkonsultasi dengan stylist profesional. Mengetahui proporsi tubuh akan membantu kita berpakaian dengan lebih mudah.

Gaya terbaik untuk bentuk tubuh segitiga terbalik

Gaun A-line

Seorang perempuan memakai gaun A-line yang membesar di bagian bawah Seorang perempuan memakai gaun A-line yang membesar di bagian bawah
Pertimbangkan gaun A-line yang mengembang di bagian bawah sebagai siluet pilihan untuk acara apa pun ketika kamu tidak yakin harus mengenakan apa. “Gaun-gaun ini menambah volume pada bagian bawah, menyempurnakan proporsi bahu,” kata Kim Appelt, penata gaya selebriti dan CEO Style By Kim.

Gaun-gaun tersebut juga tersedia dengan detail seperti lipatan, sulaman, dan hiasan susunan, jadi carilah beberapa versi yang kamu sukai.

Baca juga: Tips Padu Padan Pakaian untuk Samarkan Perut Buncit

Wrap shirt

Ilustrasi perempuan meakai wrap shirt Ilustrasi perempuan meakai wrap shirt
“Gaya atasan yang cocok dengan bentuk tubuh ini adalah kemeja lilit (wrap shirt) yang ujungnya mencapai garis pinggul,” kata Reid. Atasan ini mengarahkan mata ke bagian terkecil tubuh dan biasanya menciptakan leher V yang bagus.

Gaun dengan bentuk leher asimetris

Ilustrasi perempuan dengan gaun merah Ilustrasi perempuan dengan gaun merah
Gaya ini menciptakan garis diagonal yang mengurangi tampilan lebar di bahu. "Cobalah garis leher satu bahu atau diagonal untuk menarik perhatian," kata Ira Lysa, pendiri Ira's Bridal Studio di Hoboken, NJ. "Potongan ini menambahkan sentuhan modern sambil mengalihkan perhatian dari tubuh bagian atas yang lebih luas."

Kulot lebar

Ilustrasi OOTD celana kulotShutterstock Ilustrasi OOTD celana kulot
Volume di bagian bawah membantu menyeimbangkan fitur pemilih tubuh segitiga terbalik. “Kulot dengan siluet kaki lebar akan menambah volume dan lebar pada bagian bawah tubuh, menyeimbangkan bahu yang lebih lebar,” ujar Lysa. 

"Pasangkan kulot dengan blus atau atasan yang pas dan dimasukkan ke dalam untuk menonjolkan pinggang dan melanjutkan garis agar menjadi siluet yang ramping."

Baca juga: Tips Memakai Baju Crop Top Sesuai Bentuk Tubuh

Celana dengan kaki lebar

Ilustrasi celana wide leg.SHUTTERSTOCK/VICTORIA CHUDINOVA Ilustrasi celana wide leg.
Celana panjang yang lebar adalah pilihan bagus lainnya untuk menyeimbangkan proporsi kamu, kata Reid. Celana ini ideal untuk kekantor tetapi juga bisa dipakai untuk makan malam. Ikat pinggang yang keren di bagian pinggang akan semakin menonjolkan sosokmu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat