luxdomini.net

Cara Mengatasi Kecanduan Video Game pada Anak

Ilustrasi anak main game.
Lihat Foto

JAKARTA, – Anak yang kecanduan bermain video game akan menghabiskan sebagian besar waktunya di sana dan tidak berinteraksi dengan keluarga atau teman sebayanya.

Belum lagi, ketika suatu video game mengeluarkan event dengan durasi tertentu, anak yang sudah kecanduan akan menghabiskan lebih banyak waktu daripada biasanya untuk bermain.

Hal tersebut dapat merugikan anak baik secara fisik dan mental karena anak memaksakan diri untuk bermain meski sudah merasa lelah.

Disadur dari CBT Professionals, Minggu (7/7/2024), kencaduan video game juga disebut dengan Internet Gaming Disorder.

Adapun, CBT Professionals adalah situs yang menyediakan layanan psikologi klinis untuk orang dewasa, anak-anak, pasangan, keluarga, dan pihak ketiga di Australia.

Baca juga:

Pada 2013, gangguan ini diusulkan untuk dimasukkan ke dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM). Saat ini, gangguan itu merupakan bagian dari DSM-5.

DSM adalah panduan yang diterbitkan oleh Asosiasi Psikiater Amerika yang menyampaikan tanda dan gejala dari beberapa ratus kondisi kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi, gangguan makan, gangguan stres pasca-trauma, dan skizofrenia.

Lantas, apakah ada cara untuk mengatasi anak kecanduan game?

Cara mengatasi anak kecanduan game

Pemahaman dan pengobatan diagnosis baru ini masih dalam evaluasi.

Namun, ada bukti penelitian yang menunjukkan, program cognitive-behavioural therapy (CBT) efektif dalam membantu anak-anak yang kecanduan bermain video game.

Ada beberapa komponen program dalam CBT yang mencakup edukasi tentang manfaat dan kerugian dari video game, serta alat untuk mengatasi keinginan dan desakan untuk bermain.

Dikutip dari Cleveland Clinic, CBT termasuk dalam terapi bicara atau psikoterapi, yang mana psikoterapi adalah pilihan pengobatan utama untuk anak dengan kecanduan bermain video game.

Sebagai informasi, Cleveland Clinic merupakan pusat medis akademis multispesialisasi nirlaba yang mengintegrasikan perawatan klinis dan rumah sakit dengan riset dan edukasi.

Baca juga:

Psikoterapi adalah istilah untuk berbagai teknik pengobatan yang bertujuan untuk membantu seseorang mengidentifikasi dan mengubah emosi, pikiran, dan perilaku yang mengganggu.

Salah satu jenis psikoterapi tertentu yang mungkin bermanfaat untuk mengatasi kecanduan video game pada anak adalah CBT. CBT merupakan jenis terapi terstruktur dan berorientasi pada tujuan.

Dalam terapi itu, terapis atau psikolog akan membantu anak yang kecanduan bermain video game mencermati pikiran dan emosi mereka.

Anak-anak akan memahami bagaimana pikiran mereka memengaruhi tindakan mereka.

Melalui CBT, anak-anak dapat melupakan perilaku dan pikiran negatif dan obsesif terkait video game. Mereka dapat belajar untuk menerapkan pola dan kebiasaan berpikir yang lebih sehat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat