luxdomini.net

Apakah Masturbasi Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Ilustrasi masturbasi
Lihat Foto

- Bercinta dengan pasangan kerap dianggap sebagai salah satu bentuk olahraga. Tapi bagaimana dengan masturbasi? Apa kata penelitian mengnai hal ini?

Membicarakan masturbasi mungkin sedikit tabu…tapi sejujurnya, beberapa penelitian  menunjukkan bahwa ada manfaat kesehatan dari masturbasi yang dapat diperoleh dari perilaku menyenangkan diri sendiri itu.

Faktanya, masturbasi dapat menghasilkan beberapa manfaat yang sama seperti melakukan foreplay dan hubungan seksual.

Baca juga: 7 Pertanyaan Penting Masturbasi termasuk Manfaatnya untuk Bakar Kalori

Sebagai contoh, kata terapis berlisensi Erin Rayburn, LMFT, LPC-MHSP, NCC: “Pelepasan endorfin di otak melalui permainan seksual [atau] masturbasi membantu mengurangi stres, yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh dan membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi.”

Jadi stimulasi diri bisa memberi manfaat untuk otak. Tapi bagaimana dengan tubuh?

Kita tahu bahwa seks membakar kalori, tetapi apakah masturbasi juga berpotensi membantu kita menjadi lebih bugar? Rayburn menegaskan: “Bukan rahasia lagi bahwa seks dapat membantu kita membakar kalori. Masturbasi juga dapat membantu membakar kalori, tergantung pada intensitas dan durasinya.”

Namun, secara umum, inilah hasil penelitian tentang masturbasi, metabolisme, dan penurunan berat badan.

Pertama, lihat berapa banyak kalori yang bisa dibakar oleh seks

Terkait seks, sebuah studi tahun 2013 di Universitas Quebec di Montreal menemukan bahwa pria membakar rata-rata 101 kalori selama sesi seks 24 menit (sekitar 4,2 kalori per menit), sedangkan wanita cenderung membakar 69 kalori (3,1 kalori per menit) rata-rata.

Baca juga: Rutin Masturbasi Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda? Ini Faktanya

Studi lain yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine memperkirakan angka tersebut berada tepat di bawah angka tersebut, yaitu pria membakar sekitar 3,5 kalori per menit, atau 210 kalori per jam—walaupun rata-rata hubungan seks hanya berlangsung sekitar enam menit.

Namun, untuk masturbasi, jumlah kalori yang dikonsumsi cenderung jauh lebih sedikit. Laporan tahun 2019 dari Healthline menunjukkan bahwa rata-rata sesi masturbasi tunggal hanya akan membakar lima atau enam kalori.

Itu karena secara umum, masturbasi tidak sedinamis seks dengan pasangan dan tidak mengharuskan kita mengeluarkan banyak energi. Dan faktanya, orgasme itu sendirilah yang mungkin memerlukan lebih banyak kalori.

Seperti yang dicatat oleh penelitian tahun 2001 di European Heart Journal, klimaks adalah hal yang paling banyak mengeluarkan energi saat berhubungan seks.

Artinya kita tidak bisa mengandalkan masturbasi untuk menurunkan berat badan, dan tidak perlu mempercayai bahwa masturbasi menyebabkan tubuh menjadi kurus.

Namun meskipun kesenangan diri sendiri mungkin tidak membakar kalori sebanyak seks berpasangan, jika dilakukan sesekali, masturbasi mungkin menghasilkan beberapa manfaat kesehatan —seperti mengurangi stres dan tekanan darah, meningkatkan relaksasi, dan membantumu tidur lebih lelap.

Baca juga: Benarkah Masturbasi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat