luxdomini.net

6 Kebiasaan Sehari-Hari yang Bikin Gagal Diet

Ilustrasi wanita yang ingin diet
Lihat Foto

- Menjaga berat badan ideal bukanlah tugas yang mudah.

Banyak orang berjuang untuk menurunkan berat badan, namun tanpa sadar melakukan kesalahan-kesalahan yang justru menghambat usaha mereka.

Berikut ini enam kesalahan umum yang sering dilakukan dan bertanggung jawab atas kenaikan berat badan.

1. Makan berlebihan, termasuk makanan sehat

Saat mencoba menurunkan berat badan, kita sering beralih ke makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Namun, makan berlebihan, bahkan makanan sehat, dapat menyebabkan kelebihan kalori.

Misalnya, alpukat dan kacang-kacangan mengandung banyak lemak sehat, tetapi juga tinggi kalori. Jadi, tetaplah bijak dalam porsi makan Anda.

Baca juga: 11 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Tambah Berat Badan

2. Terlalu fokus pada diet

Banyak orang berpikir bahwa diet adalah kunci utama penurunan berat badan. Meskipun penting, fokus terlalu banyak pada diet saja tanpa memerhatikan gaya hidup keseluruhan bisa menjadi bumerang.

Aktivitas fisik, tidur yang cukup, dan manajemen stres juga memainkan peran penting dalam menjaga berat badan ideal.

3. Melewatkan makan untuk mengurangi kalori

Melewatkan makan, terutama sarapan, sering dianggap cara cepat untuk mengurangi kalori. Padahal, kebiasaan ini dapat memperlambat metabolisme dan membuat Anda lebih lapar di kemudian hari, yang berpotensi menyebabkan makan berlebihan.

Lebih baik makan dalam porsi kecil tapi sering untuk menjaga energi dan metabolisme tetap stabil.

4. Kurang mengonsumsi makanan kaya nutrisi

Dalam usaha menurunkan berat badan, banyak yang mengurangi jumlah makanan tanpa memerhatikan kualitasnya. Tubuh membutuhkan berbagai nutrisi untuk berfungsi optimal.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian sangat penting untuk kesehatan jangka panjang dan penurunan berat badan yang sukses.

Baca juga: Gagal Diet, Bisa Jadi karena Tubuh “Terpaksa” Kelaparan

5. Mengubah makanan sehat menjadi tidak sehat

Banyak yang berpikir makanan sehat bisa dimakan dalam bentuk apapun. Namun, mengubah makanan sehat menjadi tidak sehat sering terjadi. Misalnya, menambahkan banyak gula atau dressing tinggi kalori ke salad, atau menggoreng sayuran dengan minyak berlebih. Hal ini dapat menambah jumlah kalori dan lemak yang tak diinginkan.

6. Kurang sabar dan konsisten

Penurunan berat badan yang efektif memerlukan waktu, kesabaran, dan konsistensi. Banyak orang mudah putus asa jika tidak melihat hasil yang cepat dan akhirnya kembali ke kebiasaan lama. Ingatlah, perubahan gaya hidup yang sehat lebih penting daripada penurunan berat badan yang instan.

Baca juga: Sering Gagal Diet? Coba 9 Tips Berikut agar Berhasil

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat