luxdomini.net

Mencuci Sepatu, Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari Langsung!

Ilustrasi menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung.
Lihat Foto

JAKARTA, - Kebersihan sepatu menjadi aspek penting untuk diperhatikan. Sebab, kondisi sepatu yang bersih membuatnya semakin nyaman digunakan.

Sayangnya, masih banyak orang yang gemar menjemur sepatu yang baru saja di cuci tepat di bawah sinar matahari. Harapannya bagian dalam sepatu menjadi kering dan bakteri yang ada bisa mati lantaran terkena panas matahari. 

Product Creation Emba Footwear, Eryxson Sihite menyarankan untuk menghindari menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung.

Baca juga:

Terlebih jika kamu menjemurnya dalam waktu yang lama, sebab hal ini bisa membuat lem yang ada di sepatu tidak rekat lagi. 

“Sebenarnya yang penting sih setelah dicuci itu, perawatannya jangan dijemur matahari. Kalau langsung kena panas matahari itu lemnya bisa lepas,”  jelas Eryxson kepada saat ditemui di Menara Kompas, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2024).

Apalagi jika kamu mencuci sepatu dengan warna-warna gelap seperti hitam, biru dongker, merah marun, dan warna-warna gelap lainnya.

Eryxson menyebutkan, warna-warna sepatu gelap bisa menjadi pudar jika dijemur langsung di panas matahari.

Alhasil kualitas sepatu kesayangan kamu jadi menurun. Bahkan kondisi warnanya sudah tidak bagus seperti sebelumnya. 

“Kalau sepatunya langsung dijemur di bawah matahari itu juga warna bahannya bisa pudar karena terkena sinar UV dari matahari,” ujarnya. 

Baca juga:

Sementara itu, Brand Director Footwear Emba, Agam Hanafiah juga menambahkan jika kamu menjemur model sepatu dengan bagian outsole berwarna putih, hal ini bisa mengubah outsole-nya menjadi kekuningan. 

Agam menjelaskan kondisi tersebut menandakan bagian outsole sepatu mengalami oksidasi, sehingga terjadi perubahan warna.

“Sebenernya itu simply karena si outsole-nya oxidized. Kalau kita pakai sepatu kan sudah enggak bisa dihindari UV (ultraviolet) dari matahari ya,” jelas Agam.

Menurut Agam, mengembalikan warna outsole agar kembali putih sangat sulit jika dilakukan di rumah saja. Pilihan lainnya, kamu bisa membawanya ke tempat khusus untuk mencuci dan memperbaiki sepatu.

“Cukup sulit kalau mengembalikan warna outsole itu, mau enggak mau dibawa ke salon atau tempat khusus buat cuci dan perbaikan sepatu,” tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat