luxdomini.net

Anak Kesulitan Belajar? Bisa Jadi karena Punya Masalah Penglihatan

Ilustrasi anak menggunakan kacamata.
Lihat Foto

- Sebagian besar informasi yang kita terima setiap harinya masuk melalui indra mata.

Psikolog dan edukator Samanta Elsener menyebutkan, angkanya bahkan mencapai 83 persen.

Oleh karena itu, penglihatan adalah salah satu faktor penting dalam proses belajar anak.

Bagaimana jika penglihatan terganggu? Apakah proses belajar tetap bisa optimal?

"Anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan akan kesulitan mendapatkan stimulus yang optimal," ungkap Samanta di acara Grand Re-opening Optik Tunggal Next Generation di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Utara, Sabtu (15/6/2024).

Baca juga:

Samanta menambahkan bahwa anak-anak yang mengalami penglihatan mungkin tidak bisa menangkap informasi dengan jelas, yang berakibat pada menurunnya motivasi belajar.

Ketika anak semakin besar, tantangan yang dihadapi pun semakin kompleks. Mereka harus membaca dan memahami materi yang lebih sulit.

Jika penglihatan mereka tidak dikoreksi dengan baik, misalnya dengan kacamata, mereka bisa mengalami kesulitan.

"Ini bukan hanya soal melihat dengan jelas, tetapi juga soal kenyamanan dalam belajar," tambah Samanta.

Kacamata anak di Optik Tunggal Next Generation di Mall Kelapa Gading 3/NAZLA UFAIRA SABRI Kacamata anak di Optik Tunggal Next Generation di Mall Kelapa Gading 3

Dalam kesempatan yang sama, Optik Tunggal Next Generation menghadirkan teknologi yang dirancang khusus untuk anak-anak. Teknologi ini meliputi handy ref, optotype, streak retinoscopy, phoropter, trial frame, dan lensa khusus anak-anak.

Dengan berbagai pilihan frame, Optik Tunggal Next Generation berupaya memastikan anak-anak mendapatkan perawatan penglihatan yang optimal dan menyenangkan.

Optik Tunggal Next Generation juga memiliki optometrist yang telah mendapatkan pelatihan khusus Pediatric Vision Screening dari Centro Escolar University of Optometry, Manila, Filipina.

Baca juga:

Pelatihan ini menjamin anak-anak mendapatkan pemeriksaan mata yang akurat dan komprehensif serta rekomendasi terbaik untuk kebutuhan penglihatan mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat