luxdomini.net

Manfaat Jalan Kaki 5.000 Langkah Setiap Hari

Ilustrasi jalan kaki 5.000 langkah.
Lihat Foto

- Jalan kaki 10.000 langkah telah lama menjadi standar emas bagi banyak orang sebagai target langkah harian.

Jumlah ini diyakini mampu membantu mengurangi risiko penyakit sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Namun, jika kamu masih sulit mencapai angka 10.000 langkah per hari, kabar baiknya, jalan kaki dengan jumlah langkah di bawah itu ternyata tetap memberi manfaat asalkan dilakukan secara rutin.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Jalan Kaki Masih Menjadi Olahraga Terbaik

Manfaat jalan kaki 5.000 langkah

Banyak studi menemukan bahwa sekitar 7.500-8.000 langkah per hari adalah target ideal.

Namun, penelitian terbaru dari University of Buffalo menemukan bahwa jalan kaki bahkan hanya 3.600 langkah per hari untuk perempuan di atas 60 tahun memiliki sejumlah manfaat. langkah per hari memberi sejumlah manfaat.

Pelatih kebugaran tersertifikasi dan pelatih lari Amber Sayer, MS, CPT, CNC merekomendasikan jalan kaki 5.000 per hari sebagai "target yang memungkinkan untu dicapai" bagi banyak orang.

Jumlah tersebut diyakini masih cukup signifikan mengurangi risiko sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

"Risiko kematian prematur terus menurun hingga kita meningkatkan target langkah menjadi 7.500 langkah per hari," ujarnya, seperti dilansir dari Runner's World.

Baca juga: Tidak Sempat Jalan Kaki 10.000 Langkah? Ini Alternatifnya

Lalu, berapa lama untuk mencapai 5.000 langkah?

Menurut University of Oklahoma Health Sciences Center, jika rata-rata langkah perempuan adalah sekitar sekitar 26 mil, maka rata-rata langkah utuhnya adalah 52 sentimeter. Sementara laki-laki sekitar 31 sentimeter, sehingga rata-rata langkah utuhnya adalah 62 sentimeter.

Dengan hitungan mil, satu mil sama dengan sekitar 5.280 inci, sehingga rata-rata laki-laki mengambil 2.000 langkah per mil dan perempuan 2.437 langkah per mil.

Oleh karena itu, berjalan 5.000 langkah sehari sama dengan menempuh jarak sekitar 2,5 mil atau 4 kilometer, sementara perempuan lebih dari 2 mil atau sekitar 3,21 kilometer.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Jalan Kaki atau Berlari?

Secara kasar, kita mungkin memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk menempuh jarak tersebut. Namun, jika berjalan cepat, kita mungkin bisa menempuhnya dalam waktu sekitar 30 menit.

"Jalan kaki 5.000 langkah per hari adalah cara yang sangat baik untuk memulai rutinitas gaya hidup sehat dan mengurangi pola hidup sedentary (kurang gerak)," ujar Amber.

Jadi, jika 10.000 langkah per hari tampak sulit untuk dicapai, jalan kaki sekitar 30-40 per hari saja sebetulnya sudah cukup memberikan manfaat dan menjagamu tetap aktif bergerak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat