luxdomini.net

Apakah Makan Makanan yang Sama Setiap Hari Menyehatkan?

Ilustrasi makan oat
Lihat Foto

- Kita membuat banyak keputusan setiap hari, mulai dari apa yang kita katakan hingga apa yang kita kenakan. Untuk mengurangi kebingungan, beberapa orang menyederhanakan hidupnya, misalnya memakai pakaian yang sama dalam banyak kesempatan, seperti Mark Zuckerberg.

Nah, mengapa kita tidak makan makanan yang sama seperti yang kita makan kemarin dan sehari sebelumnya?

Banyak orang makan menu yang sama secara teratur karena kebiasaan. Pertanyaannya, apakah makanan yang selalu sama baik untuk kita? Ahli diet terdaftar Carly Sedlacek, RDN, LD, menjelaskan apakah makan makanan yang sama setiap hari itu sehat.

Baca juga: Kebiasaan Makan untuk Memperlambat Penuaan Setelah Usia 50 Tahun

Haruskah saya makan makanan yang sama setiap hari?

Kita bisa makan makanan atau camilan yang sama setiap hari. Tapi apakah sehat? Itu tergantung pada apa makanan yang kamu santap:

Apakah padat nutrisi. “Tubuh kita membutuhkan beragam vitamin dan mineral agar tetap sehat,” kata Sedlacek. “Jika kita mengonsumsi makanan yang sama setiap hari, makanan tersebut harus bergizi. Buah-buahan dan sayuran adalah makanan padat nutrisi terbaik yang dapat dimakan setiap hari.”

Memenuhi kebutuhan kesehatan. Jika kamu memiliki kondisi kesehatan khusus, kamu mungkin memiliki kebutuhan makanan tertentu. Dan mengonsumsi makanan sama setiap hari yang tidak sesuai dengan kebutuhan kesehatan dapat menyebabkan masalah seiring berjalannya waktu. 

“Jika kamu menderita diabetes, jadikan makanan harianmu lebih rendah gula tambahannya dan usahakan untuk menyeimbangkan porsinya,” saran Sedlacek. Hal yang sama berlaku untuk konsumsi makanan rendah sodium jika kamu memiliki tekanan darah tinggi.

Kelebihan makan makanan yang sama setiap hari

Mungkin ada beberapa keuntungan jika kamu makan makanan yang sama setiap hari:

Kebiasaan sehat bisa menjadi lebih mudah

Bagi mereka yang memiliki pola makan sehat, memilih makanan sehat dapat membantu mencapai tujuannya.

“Jika makan wortel setiap hari lebih mudah daripada beralih ke kentang goreng, pertahankan konsumsi wortel harian itu. Makan sayuran yang sama setiap hari masih lebih baik daripada keripik.”

Menghitung kalori harian jadi mudah

Menghitung kalori dapat membantu jika kita mencoba menurunkan berat badan, namun tidak semudah membaca label fakta nutrisi. Kita harus menentukan ukuran porsi makan dan menghitung kalori semua makanan yang ada di piring.

Namun ketika kita makan makanan yang sama, menghitung kalori menjadi mudah karena tinggal mengulanginya.

“Banyak orang menganggap penghitungan kalori memakan waktu dan membosankan,” kata Sedlacek. “Tetapi jika kamu sudah mengetahui berapa banyak kalori dalam makananmu, mencatatnya akan lebih mudah.”

Menghemat waktu dan energi

Berbelanja bahan makanan membutuhkan waktu — dan perencanaan makan bisa menjadi pekerjaan tersendiri. Mengonsumsi semangkuk oatmeal untuk sarapan atau salad untuk makan siang setiap hari dapat menyederhanakan belanja dan perencanaan.

“Pengulangan makan bisa menjadi cara mudah ketika kamu terlalu sibuk,” kata Sedlacek. “Jika kamu memilih makanan yang sama, kamu dapat menghemat waktu daripada memilih yang lain.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat