luxdomini.net

Kebiasaan Kencan Jaman Dulu yang Tidak Lagi Populer

Ilustrasi kencan pertama.
Lihat Foto

- Kencan jaman sekarang tentu berbeda dengan kebiasaan kencan dahulu. Sekarang ada beberapa aturan "tidak resmi" yang berlaku soal kencan, misalnya jangan membicarakan mantan sepanjang waktu, atau jangan posting di media sosial sebelum benar-benar resmi. 

Namun aturan ini tidak seberapa dibanding aturan masa lalu. Misalnya, sekarang perempuan boleh naksir lelaki lebih dulu, bahkan bisa mengajaknya kenalan, sesuatu yang sulit dibayangkan 20 atau 30 tahun lalu.

Perubahan aturan kencan

Lalu apa saja aturan lama yang tidak lagi populer saat kencan?

1. Pria yang harus mulai

Di zaman sekarang ini, masih ada perempuan yang menunggu pria untuk mengambil langkah pertama —tetapi ada juga banyak wanita yang tidak takut dan tidak malu untuk mengejar pria yang mereka sukai. 

Jonathan Bennett, pelatih kencan dan salah satu pendiri The Popular Man, menjelaskan, wanita modern "lebih berdaya dari sebelumnya untuk mengambil kendali atas pilihan hubungan mereka." 

Artinya, jangan kaget bila seorang perempuan mendekati dan menyampaikan kesukaannya pada seorang pria.

Baca juga: 7 Tips Membuat Profil Kencan agar Dilirik

2. Pria yang membayar saat kencan

Tentu saja, menyenangkan jika ada orang lain yang membayar makanmu saat kencan, tetapi aturan ini sudah ada sejak zaman kuno ketika perempuan tidak diperbolehkan bekerja. 

Sekarang, ketika perempuan juga bekerja, banyak yang berbagi tagihan dengan teman kencannya, bahkan membayari. Seperti yang dijelaskan Alex Williamson, kepala situs kencan Bumble, siapa yang mengajak, sebaiknya dialah yang membayar.

“Menurut pendapat saya, jika seseorang mengajak berkencan, orang tersebut harus bertanggung jawab membayar. Namun bagaimanapun juga, boleh juga pasangan tersebut berbagi, tergantung kesepakatan," katanya. 

“Saya selalu memberi tahu orang-orang, jika kamu merasa tidak nyaman membayar harga di sebuah restoran, jangan rekomendasikan tempat itu sebagai lokasi kencan. Jika kamu mengajak kencan, pilihlah tempat di mana kamu akan dengan senang hati menanggung seluruh biayanya."

Baca juga: Siapa yang Harus Membayar Saat Berkencan, Cewek atau Cowok?

3. Pria harus menjemput teman kencannya di rumah dan mengantarnya pulang

Di masa lalu, wanita akan dengan sabar menunggu di rumah sampai teman kencannya berhenti di depan rumah untuk mengajaknya keluar. Namun belakangan ini, kita biasanya mendengar orang-orang janjian untuk bertemu di tempat umum seperti mal atau restoran.

Susan Trombetti, CEO Exclusive Matchmaking, menyarankan bahwa jika kmu bertemu seseorang secara online, jangan pernah biarkan mereka “mengetahui di mana kamu tinggal atau bekerja” sebelum Abenar-benar mengenalnya. Untuk kencan pertama, sebaiknya menemuinya di tempat umum.

4. Wanita tidak boleh menghubungi terlebih dahulu.

Tentu, menyenangkan bila disukai banyak orang. Namun peraturan kencan dahulu menyatakan bahwa perempuan tidak boleh menjadi pihak yang pertama kali menghubungi —mereka selalu harus menunggu kekasihnya menelepon atau menulis surat kepada mereka. 

Trombetti mengatakan hal ini tidak diperlukan dalam kencan modern. Jika kamu ingin berbicara dengan seseorang, lakukanlah. Tidak ada salahnya memberi tahu seseorang bahwa kamu tertarik padanya. 

5. Tunggu tiga hari setelah kencan sebelum menghubungi kekasih baru

Konsep bahwa kita harus menunggu tiga hari sebelum menghubungi seseorang setelah berkencan agar tidak terlihat terlalu bersemangat untuk berkencan lagi adalah aturan kuno. 

Saat ini, menunggu selama tiga hari mungkin membuat lawan kencanmu menganggap kamu tidak tertarik, sehingga mereka beralih ke orang lain. 

Baca juga: Berapa Lama Perlu Mengirim Pesan Setelah Kencan Pertama?

6. Membiarkan teman kencan pria merencanakan semua

Wanita modern tahu apa yang mereka ingin lakukan dan tidak ingin lakukan, dan tidak ingin dibatasi hanya menunggu orang lain merencanakan sesuatu. 

Pelatih kencan Karen McCarthy menulis di situs webnya bahwa dalam kencan modern pria sering kali "tidak tahu atau memiliki rencana tentang apa yang harus dilakukan saat berkencan", dan hal ini dapat membuat frustasi.

“Jika kamu merasa lebih nyaman memilih tempat lokal atau aktivitas tertentu, maka kamu bisa menyarankannya,” katanya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat