luxdomini.net

Tips Merawat Jaket Varsity agar Tetap Awet dan Tak Berubah Bentuk

Jaket Varsity Champ, hasil kolaborasi brand lokal asal Bandung, Rawtype Riot dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Lihat Foto

JAKARTA, - Jaket varsity menjadi salah satu item fesyen legendaris yang masih terus eksis hingga saat ini. Bahkan masih banyak muda-mudi yang tampil trendy dalam balutan jaket varsity.

Tak dipungkiri, penggunaan jaket varsity bukan hanya menghangatkan tubuh, melainkan juga menambah kesan modis pada penampilan seseorang.

Umumnya jaket varsity memiliki bahan dasar kain yaitu katun fleece. Pada permukaan bahannya akan sedikit berbulu, namun  tetap lembut.

Salah satu merek lokal yang terkenal dengan produksi jaket varsitynya, yaitu Rawtype Riot. Owner Rawtype Riot, Kosasih Lukeyan Depu membagikan beberapa tips untuk merawat jaket varsity agar tetap awet dan tak merubah bentuknya.

Baca juga: Simak, 5 Cara Merawat Jaket Kulit Sintetis

Penampakan Jaket varsity Rawtype Riot bersama Timnas Indonesia dan USS.Instagram.com/rawtype_riot Penampakan Jaket varsity Rawtype Riot bersama Timnas Indonesia dan USS.

Bisa dibersihkan di mesin cuci

Meskipun memiliki karakteristik bahan yang sedikit berbulu, namun Kosasih mengungkap bahwa jaket varsity tergolong masih aman untuk dicuci dengan menggunakan mesin cuci. 

“Saya pernah coba langsung, kalau pencucian jaket di mesin cuci masih aman, namun pastikan dengan durasi yang enggak begitu lama,” jelas Kosasih saat dihubungi , Jumat (15/6/2024).

Namun, ia menyarankan pada saat pencucian jaket varsity, sebaiknya tidak dicampur dengan pakaian lain. 

“Saran saya lebih baik kalau pencucian pertama itu, jangan disatukan dengan jaket atau barang yang lain,” kata Kosasih.

Hal ini bertujuan agar kualitas bahan tetap terjaga dan tidak bergesekan dengan pakaian lain yang khawatirnya bisa merusak bahan maupun desain yang ada di jaket varsity.

“Hal tersebut tujuannya agar tidak merusak bentuk atau warna karena bercampur dengan pakaian lain yang bisa saja luntur atau terlalu banyak pakaiannya,” tuturnya.

Baca juga: 4 Cara Merawat Jaket Kulit agar Tidak Retak dan Mengelupas

Disimpan dengan cara digantung

Kosasih menjelaskan bahwa jaket varsity sebaiknya disimpan dengan cara digantung. Selain itu, ia pun menyarankan agar menggunakan setrika uap untuk melicinkan tekstur bahannya. 

“Kalau saran penyimpanan, lebih baik digantung dan kalau punya disetrika uap saja dari pada dilipat,” ujarnya. 

Menurut Kosasih, menggantung jaket varsity membuat detail bahan dan gambar yang ada tetap lurus dan tidak merubah bentuk akibat dilipat. 

“Sebetulnya melipat itu enggak akan terlalu merusak kualitas bahan, tapi kalau penyimpanan digantung itu ketika mau dipakai varsity jaketnya masih lurus,” tandas Kosasih.

Terutama di bagian-bagian desainnya, kalau dilipat kan bentuknya bisa berubah, alhasil harus disetrika uap lagi supaya lurus,” sambungnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat