luxdomini.net

13 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri

Ilustrasi percaya diri
Lihat Foto


- Percaya pada diri sendiri seringkali tidak mudah. Rasa tidak aman dan keraguan diri bisa muncul kapan saja. Meskipun beberapa orang tampak percaya diri secara alami, kebanyakan orang harus bekerja keras untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Namun tidak pernah terlambat untuk mulai meningkatkan kepercayaan diri. Berikut ini adalah tempat cara yang baik untuk memulai, dengan tips untuk menjadi lebih percaya diri mulai sekarang.

Baca juga: Ingin Lebih Percaya Diri dengan Tubuhmu? Tinggalkan 9 Perilaku Ini

Manfaat percaya diri

Kepercayaan diri adalah kunci kesuksesan. Orang yang percaya diri unggul dalam berbagai konteks profesional dan pribadi.

1. Di tempat kerja

Kepercayaan diri sangat penting di tempat kerja.

Menurut Heather Wilson, LCSW, terapis dan direktur eksekutif di Epiphany Wellness, kepercayaan diri mempengaruhi "kinerja, kepuasan, dan kemajuan karir."

“Pekerja yang percaya diri lebih mungkin mengambil tugas sulit, mencari posisi kepemimpinan, dan mengembangkan ide-ide inovatif,” jelasnya seperti dilansir dari laman Best Life.

2. Dalam hubungan

Kepercayaan diri juga penting dalam hubungan pribadi. Lindsey Tong, LCSW, direktur klinis di Profound Treatment, mengatakan bahwa orang yang percaya diri lebih mungkin berkomunikasi terbuka dengan pasangan, menyatakan kebutuhan, dan menetapkan batasan sehat.

"Keterbukaan dan kejujuran ini dapat menghasilkan hubungan emosional yang lebih dalam dan saling menghormati, yang penting untuk hubungan yang berkembang," jelas Tong.

Ini menghasilkan hubungan emosional yang lebih dalam dan saling menghormati, serta mengurangi konflik.

Baca juga: 7 Alasan Tidak Membalas Selingkuh pada Pasangan

3. Saat berbicara

Kepercayaan diri penting dalam berbicara, baik dalam percakapan sehari-hari maupun presentasi publik.

Sophie Cress, LMFT, terapis berlisensi, menjelaskan bahwa kepercayaan diri memastikan pesan disampaikan dengan jelas dan persuasif. Pembicara yang percaya diri lebih menarik, kredibel, dan meninggalkan kesan mendalam.

4. Di depan umum

Orang yang percaya diri memiliki "kehidupan sosial lebih berwarna dan jaringan dukungan lebih luas," kata Cress.

"Kepercayaan diri mempengaruhi cara seseorang berinteraksi dengan orang asing, mendorong keterlibatan proaktif, memudahkan berjejaring, berteman, dan berpartisipasi dalam kegiatan komunitas."

5. Di sekolah

Kepercayaan diri di usia muda membantu seseorang bersosialisasi lebih baik di sekolah, menurut Michelle English, LCSW, dari Healthy Life Recovery.

"Dengan kepercayaan diri, seseorang lebih mudah berteman dan masuk ke berbagai kelompok, meningkatkan kepuasan hidup selama masa studi," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat