luxdomini.net

Mengenal Attar, Wewangian yang Harganya Mencapai Rp 1 Juta per Mililiter

Koleksi attar dari Tiziana Terenzi
Lihat Foto

- Jika kamu berkesempatan mengunjungi butik parfum Tiziana Terenzi di Pondok Indah Mal 2, kamu akan menemukan jajaran botol berisi sedikit cairan parfum di bagian tengah butik.

Botol-botol ini berisi minyak wangi khusus, dalam arti tidak dicampur alkohol dan bahan lainnya. Bila kamu berkesempatan mencobanya, ketahuilah bahwa harga setiap mililiter wewangian itu adalah Rp 1 juta! Bila 1 mililiter diandaikan berisi 20 tetes, maka setiap tetes berharga Rp 50 ribu.

Koleksi Attar dari Tiziana Terenzi ini dikemas dalam botol seukuran parfum normal, namun bagian wadah yang berisi wewangian kecil saja, hanya 13 mililiter. Besama botolnya, koleksi Attar ini bisa dibeli dengan harga Rp 14 juta.

Baca juga: Parfum Mahal Vs Parfum Murah, Apa Bedanya?

Mengapa attar harganya lebih tinggi dibanding parfum biasa?

Attar adalah minyak wangi pekat dengan bahan dasar alami. Parfum ini bebas dari alkohol dan tidak diencerkan. Kualitas bahan yang digunakan, proses penyulingan dan bahan dasar yang dipilih agar awet dan tahan lama menjadi penyebab utama harga attar lebih tinggi. 

Bahan-bahan seperti oud atau minyak gaharu, ambergris, mawar, hingga minyak cendana adalah beberapa bahan yang paling mahal dan dicari di dunia wewangian. Menambahkan bahan-bahan ini ke attar akan meningkatkan biayanya.

Kata attar atau ittar berasal dari kata Persia atau Arab untuk parfum, itr. Namun kata ini telah berkembang menjadi kategori wewangian yang berdiri sendiri, mengacu pada wewangian yang hanya terdiri dari minyak parfum.

Seperti diketahui, wewangian modern sebagian besar terdiri dari 5 hingga 30% minyak wangi yang diencerkan dengan alkohol dan disebarkan dalam format semprotan. Sedangkan attar adalah bentuk parfum yang murni dan tidak diencerkan. 

Cara memakai attar umumnya diteteskan ke titik-titik nadi untuk membawa keharuman yang tahan lama. 

Baca juga: Alasan Parfum Niche Berbeda, Unik di Aroma dan Botolnya

Apa yang membuat attar berbeda namun menawan?

Attar adalah antitesis dari parfum yang wanginya menyebar ke segala penjuru. Kita memakai eau de parfum agar wanginya sampai ke penciuman orang lain, tapi attar dipakai untuk dicium dalam jarak dekat, alias lebih personal. 

Saat attar dioleskan ke titik-titik nadi, aroma indahnya akan terpancar di setiap detak jantung, seperti rahasia keharuman yang dibisikkan kepada mereka yang cukup beruntung untuk mendekat. 

Attar umumnya juga memiliki wangi yang tahan lama karena bahan bakunya murni, berasal dari minyak yang konsentrasinya pekat. Mungkin wanginya tidak menyebar jauh, tapi akan berdiam lama di tubuh pemakainya.

Koleksi attar Tiziana Terenzi Koleksi attar Tiziana Terenzi

Koleksi attar Tiziana Terenzi

Adapun Tiziana Terenzi memiliki enam koleksi attar yang dinamai berdasarkan benda-benda langit, yakni Cas (dari Cassiopeia), Kaff, Mirach, Saiph, Sirrah, dan Tabit. Semuanya adalah hasil karya Paolo Terenzi yang merupakan saudara laki-laki Tiziana.

"Ini adalah koleksi khusus agi pecinta wewangian sejati. Diracik dari bahan-bahan terbaik yang kami miliki," ujar Paolo Terenzi saat meresmikan butik Tiziana Terenzi di Pondok Indah Mal 2, Rabu (5/6/2024).

Cas Attar salah satunya, memiliki aroma woody spicy, dengan wangi pembukam mawar, lada hitam dan pink pepper; aroma tengahnya adalah gaharu (Oud), green pepper dan birch; sedangkan base notenya adalah ambergris, musk dan vanilla.

Cas atau Cassiopeia adalah bintang yang memancarkan cahaya berbeda dan tersembunyi dari mata yang tidak awas, ia hanya menunjukkan diri bagi mereka yang mencari dan melihat, bukan bagi yang sekedar memandang sekilas.

Sama seperti bintang yang menjadi namanya, Cas Attar juga hanya menampakkan aromanya bagi mereka yang mencari keanggunan dalam kedekatan. Keindahannya seolah tersembunyi sampai kita benar-benar berhasil menangkap cahayanya.

Semua koleksi attar dari Tiziana Terenzi diturunkan dari parfum dengan nama yang sama, namun tanpa diberi campuran alkohol, untuk mencari hiperbola baru dalam membangun keseimbangan wangi yang harmonis di antara molekul-molekulnya.

Koleksi attar diwadahi dalam botol kristal Bohemia yang indah, dan diperuntukkan bagi mereka yang mencari aroma yang sangat intim.

Nah, sekali lagi, bila kamu berkesempatan mencobanya, cobalah tutup matamu, rasakan aromanya yang menyatu dengan tubuhmu dan menjadi semakin indah dalam perjalanan waktu.

Baca juga: Apa Itu Parfum Niche dan Mengapa Makin Populer?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat