luxdomini.net

6 Cara Membangun Kembali Keintiman Setelah Perselingkuhan

Ilusrasi pasangan yang sedang bertengkar akibat perselingkuhan
Lihat Foto


- Kepercayaan adalah kunci dalam mengembangkan keintiman dalam hubungan.

Namun, apakah mungkin membangun kembali keintiman setelah perselingkuhan? Menurut para ahli, hal ini bisa dilakukan, meski memerlukan waktu, kesabaran, dan rasa kasih sayang dari kedua belah pihak.

Natalie Rosado, seorang konselor kesehatan mental berlisensi, menjelaskan bahwa keintiman membutuhkan kepercayaan, dan seringkali, butuh waktu bagi pasangan yang dikhianati untuk membuka diri lagi.

"Setelah perselingkuhan, pasangan yang dikhianati mungkin merasa jijik, cemas, tidak percaya, atau terputus dari pasangannya yang tidak setia," jelasnya seperti dikutip dari laman Best Life.

"Ada ketakutan akan infeksi menular seksual, kekhawatiran dibandingkan dengan pasangan selingkuh, dan perasaan tidak nyaman dan tidak aman dalam interaksi fisik. Ketidakpercayaan akibat perselingkuhan dapat memicu kecurigaan dan kecemburuan yang berkelanjutan."

Namun, ada harapan untuk memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Stephanie Manes, seorang pekerja sosial klinis berlisensi dan terapis pasangan, berbagi bahwa banyak pasangan yang mampu keluar dari krisis perselingkuhan dengan hubungan yang lebih otentik dan tangguh daripada sebelumnya.

Baca juga: 10 Kebiasaan Media Sosial yang Bisa Dianggap Selingkuh

Membangun hubungan setelah selingkuh

Berikut adalah beberapa tips dari para ahli untuk secara perlahan membangun kembali keintiman dalam hubungan setelah selingkuh:

1. Buat rencana penyembuhan

Langkah pertama yang baik adalah membuat "rencana penyembuhan." Rosado menyarankan untuk menyusun langkah-langkah spesifik yang akan diambil oleh kedua belah pihak untuk membangun kembali hubungan.

Misalnya, Anda dan pasangan dapat menyepakati waktu untuk berbicara setiap malam, membaca buku tentang hubungan bersama, atau menghadiri lokakarya pasangan.

"Rencana ini harus mencakup tujuan jangka pendek dan jangka panjang serta dievaluasi secara berkala," kata Rosado.

2. Kenang masa lalu

Setelah pengkhianatan besar, mudah untuk melupakan apa yang membuat Anda jatuh cinta.

Tammy Nelson, PhD, terapis seks dan hubungan, menyarankan untuk mengingat kembali apa yang awalnya menarik Anda satu sama lain.

Diskusikan kenangan indah dan alasan mengapa Anda saling mencintai untuk menyalakan kembali perasaan positif.

3. Perlahan kembali ke sentuhan fisik

Keintiman fisik bisa sulit dibangun kembali setelah perselingkuhan.

Rosado menyarankan untuk memulai dengan sentuhan fisik non-seksual seperti berpegangan tangan, berpelukan, atau berbaring bersama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat