luxdomini.net

Direktur Kreatif Chanel Mundur Setelah 5 Tahun

Ilustrasi rumah mode Chanel.
Lihat Foto

- Direktur Kreatif rumah mode asal Perancis Chanel, Virginie Viard (62) mundur setelah lima tahun mengemban posisi tersebut.

Adapun Viard ditunjuk sebagai direktur kreatif menyusul meninggalnya Karl Lagerfeld pada 2019. Viard telah bekerja bersama sejak 1987 bersama Chanel dan memulai karir sebagai anak magang. Ia lalu mendampingi Lagerfeld selama beberapa dekade.

Baca juga:

Posisi itu begitu bergengsi. Sebab, sebelumnya hanya Lagerfeld dan Gabrielle "Coco" Chanel sendiri yang menduduki posisi direktur kreatif merek tersebut.

"Ia (Viard) mampu menjaga kebaruan rumah rumah mode ini sambil tetap menghormati warisan kreatif Chanel, dan sudah mengabdi hampir tiga puluh tahun," tulis pernyataan tertulis Chanel seperti dikutip dari CNN, Minggu (9/5/2024).

Desainer asal Perancis sekaligus Direktur Kreatif Chanel, Virginie Viard pada akhir peragaan busana Spring-Summer 2020/2021 Chanel di Grand Palais di Paris, Perancis, (21/1/2020).CHRISTOPHE ARCHAMBAULT / AFP Desainer asal Perancis sekaligus Direktur Kreatif Chanel, Virginie Viard pada akhir peragaan busana Spring-Summer 2020/2021 Chanel di Grand Palais di Paris, Perancis, (21/1/2020).

Pihak Chanel belum mengumumkan pengganti Viard. Namun, dalam keterangan tertulis mereka menyebutkan bahwa pengumuman itu akan disampaikan pada waktunya.

"Terima kasih atas kontribusi yang luar biasa pada mode, kreativitas, dan vitalitas Chanel," demikian tertulis dalam keterangan tersebut.

Baca juga:

Adapun bulan lalu, chief executive Chanel, Leena Nair menyampaikan kepada Business of Fashion bahwa bisnis merek tersebut berlipat ganda 2,2 kali.

Sementara bisnis ready to wear Chanel berlipat ganda 2,5 kali dan tumbuh 23 persen tahun lalu.

Pendapatan merek ini juga naik 16 persen ke angka 19,7 miliar dollar AS pada 2023.

Chanel dijadwalkan menggelar peragaan busana di Paris Hautw Couture week pada Juni 2024. 

Momentum tersebut diperkirakan menjadi koleksi terakhir Viard.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat