luxdomini.net

3 Tips Merawat Knitwear agar Tidak Mudah Melar dan Rusak

Toko F & Co jadi salah satu toko fesyen yang menjual berbagai jenis outfit berbahan rajut di ITC Depok
Lihat Foto

DEPOK, - Knitwear alias rajut menjadi item fesyen yang cukup banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Selain karena nyaman digunakan, knitwear juga cocok untuk digunakan di berbagai acara.

Knitwear umumnya dapat berupa sweater, atasan, cardigan, dan juga vest. Namun agar bahan rajutan tidak mudah rusak, diperlukan berbagai langkah khusus dalam merawatnya.

Salah seorang staf penjaga toko knitwear F & Co di ITC Depok, Eva membagikan beberapa tips untuk merawat knitwear agar tidak mudah melar dan rusak.

Baca juga: Tip Merawat Busana Rajut

Tips merawat knitwear

Mulai dari cara mencuci hingga menyimpannya pun tak boleh sembarangan agar knitwear bisa lebih awet. Berikut beberapa tips dalam merawatnya:

1. Hindari penggunaan mesin cuci

Menurut Eva, baju-baju berbahan rajut sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci. Apalagi jika dicuci bersamaan dengan pakaian lainnya.

Hal ini dapat membuat bahan rajut menjadi mudah melar dan bisa merusak tekstur dari bahan rajut itu sendiri.

“Bahan-bahan rajut gini kan melar, makanya jangan dicuci pakai mesin cuci. Apalagi kalo misalnya gabung cucinya sama pakaian lain, nanti pasti bahannya melar terus tekstur bahannya jadi bangun gitu,” kata Eva kepada saat ditemui di ITC Depok, Senin (3/6/2024).

Penggunaan mesin cuci untuk mengeringkan sweater juga bisa merusak bahan. Terutama apabila bahan rajutnya cenderung tipis, maka lebih disarankan dicuci dengan tangan saja.

“Kalau bahan rajutnya dicuci terus dikeringkan juga pakai mesin cuci, kalau bahannya yang tipis bukan cuma melar tapi bisa bolong juga, mending dicuci pakai tangan aja,” ujarnya.

2. Lebih baik dikucek halus, bukan disikat

Jika knitwear kamu memiliki noda di bagian lengan ataupun bagian lainnya, maka sebaiknya direndam dan mencuci bagian noda dengan dikucek halus.

Eva mengungkap bahwa penggunaan sikat baju pada bahan rajut bisa merusak pakaian, apalagi jika sikat bajunya tidak lembut atau disikat dengan kencang.

“Banyak orang kalo rajutnya ada noda itu biasanya disikat nodanya. Kalo kayak gitu sayang bahannya, jadi rusak kena sikat baju,” jelas Eva.

3. Jangan menyimpan atau menjemurnya dengan gantungan besi

Masih banyak orang yang melakukan kesalahan yang satu ini, yaitu menggantung knitwear menggunakan gantungan besi.

Ketika knitwear dalam kondisi yang basah setelah dicuci, bahannya cenderung lebih mudah melar.

Sehingga, jika dijemur dengan gantungan besi, bagian bahu knitwear jadi berubah bentuk menyerupai bentuk gantungan.

“Baiknya jangan pake gantungan besi ya, nanti pasti di bahunya melar terus malah berbentuk gantungan. Kalo dicuci gitu jemur di tempat datar saja yang penting kering dan enggak bikin melar,” tutur Eva.

Baca juga: 4 Tips Merawat Baju Berbahan Rajut, Jangan Digantung

Eva menyarankan untuk menggunakan gantungan kayu atau plastik yang lebih tebal jika ingin menggantungnya. Namun jika tak memiliki keduanya, kamu bisa menyimpan knitwear dengan cara dilipat saja loh.

“Pas disimpen di lemari juga sama, pokoknya jangan digantung. Mendingan dilipat aja terus disimpan di lemari,” tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat