luxdomini.net

Kulit Kendur di Usia Berapa? Simak Penjelasannya

Ilustrasi kondisi kulit wajah kendur.
Lihat Foto

- Kapan kulit wajah mulai mengendur mungkin menjadi pertanyaan bagi banyak orang.

Kulit kendur kerap diasosiasikan dengan kehilangan lemak, tetapi juga terjadi karena faktor usia.

Kerusakan atau berkurangnya kolagen dan elastin dalam dermis yang terjadi seiring bertambahnya usia adalah penyebab lain dari kulit kendur, seperti dilansir dari Healthline.

Baca juga:

Namun yang menjadi pertanyaan, pada usia berapa kulit kendur mulai terjadi?

Kulit kendur usia berapa?

Dilansir dari Mind Body Green, semahal apapun perawatan kulit dan sebersih apapun gaya hidup yang dijalani, garis-garis halus, keriput, dan kulit kendur akan tetap ada. Dan, pahamilah bahwa itu normal.

Faktanya, produksi kolagen mulai menurun pada pertengahan usia 20-an dan penurunan tersebut terus berlanjut dengan kecepatan sekitar 1 persen setiap tahunnya.

Sementara itu, melansir Medical News Today, kebanyakan orang mulai merasakan kulit wajah yang mengendur antara usia 35-40 tahun.

Bagi perempuan, menopause memicu penurunan yang lebih signifikan, yakni sekitar 30 persen.

Baca juga:

Selain itu, cadangan asam hialuronat pada kulit juga mulai menipis. Hal ini menjelaskan mengapa kulit yang menua cenderung lebih kering.

Beberapa kondisi juga bisa menyebabkan kondisi kulit kendur, seperti paparan sinar ultraviolet (UV) berlebih, penurunan berat badan secara drastis, paparan polusi, hingga gaya hidup seperti kurang asupan gizi dan kebiasaan minum alkohol.

Semua faktor ini berkontribusi terhadap kulit yang mengendur dari waktu ke waktu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat