luxdomini.net

Mungkinkah Memiliki Perut Six-Pack Setelah Usia 50 Tahun?

Nyeri ketika berolahraga bisa jadi adalah sinyal tubuh yang mengatakan bahwa ada otot yang cidera.
Lihat Foto

 
 
 
Sieh dir diesen Beitrag auf Instagram an
 
 
 

Ein Beitrag geteilt von KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

- Meskipun keinginan memiliki perut six-pack tampak nyaris mustahil bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun, hal ini sebetulnya dapat dicapai selama kita memiliki dedikasi, bimbingan yang tepat, dan pendekatan yang benar. 

Berlawanan dengan keyakinan umum, usia seharusnya mendorong individu untuk berusaha mendapatkan bagian tengah tubuh yang kencang dan meningkatkan kekuatan inti. 

Dalam panduan tentang cara mendapatkan perut six pack setelah usia 50 tahun di bawah ini, akan diuraikan strategi efektif, dan latihan terbaik yang disesuaikan untuk membantumu mendapatkan perut rata denga otot yang terpahat.

Baca juga: Menu Latihan 9 Menit Ryan Gosling Bentuk Perut Six Pack di Barbie

Meski begitu perlu diingat bahwa membangun six pack akan membutuhkan waktu, kerja keras, penyesuaian pola makan, dan yang terpenting, konsistensi. Namun, jangan patah semangat, dan yang terpenting, jangan biarkan usia menentukan target kebugaranmu!

Seberapa menantangkah membentuk perut setelah usia 50?

Memulai perjalanan untuk membentuk perut six pack setelah usia 50 tahun menghadirkan tantangan unik dibandingkan mereka yang lebih muda. Faktor seperti perubahan hormonal, metabolisme yang lambat, dan penurunan massa otot dapat mempengaruhi tingkat kesulitan.

Namun dengan komitmen, konsistensi, dan pendekatan yang disesuaikan, mencapai bagian tengah tubuh yang kencang adalah hal yang mungkin dilakukan.

Penting untuk diketahui bahwa prosesnya mungkin memerlukan lebih banyak kesabaran dan ketekunan, namun dengan pola pikir yang benar dan penyesuaian gaya hidup, kita pasti dapat mencapai tujuan ini.

Jarrod Nobbe, Pelatih Kinerja Olahraga, Pelatih Pribadi, dan penulis olahraga menyarankan agar kita mengendalikan faktor-faktor yang dapat dikontrol. 

"Memadukan latihan yang berfokus pada kekuatan dan massa otot, dengan sesi kardio, adalah cara yang efektif untuk memulai," ujar Nobbe. Namun yang tidak kalah penting adalah mengatur pola makan, seperti pepatah mengatakan, 'Otot perut dibuat di dapur'." 

Baca juga: 5 Cara Ampuh Agar Sukses Memiliki Perut Six Pack

ilustrasi olahragashutterstock ilustrasi olahraga

Latihan terbaik untuk mengembangkan perut six pack:

Lalu apa saja latihan terbaik untuk membentuk otot perut setelah usia 50 tahun? Latihan yang berfokus pada inti adalah pilihan terbaik seperti plank, mountain climbing, dan bicycle crunch—semuanya melatih otot perut dan meningkatkan stabilitas.

Tapi inilah yang menarik: Jangan lupakan gerakan gabungan seperti squat dan deadlift. Latihan ini bukan hanya untuk perut, tetapi juga berguna dalam membangun kekuatan fungsional dan mobilitas, yang sangat penting seiring bertambahnya usia.

Tapi sekali lagi, konsistensi adalah kuncinya. Rutn berlatih dengan benar, dan kamu akan mengubah perut buncitmu menjadi six-pack.

Berikut daftar latihan yang dianjurkan Nobbe, yang berfokus pada inti untuk mengembangkan perut six-pack:

  • Side plank variations
  • Forearm plank variations
  • Straight-leg sit-ups
  • Reverse crunches
  • Pallof presses
  • Bicycle crunches
  • Dumbbell/kettlebell chops
  • Dead bug variations

Baca juga: Usia 50 Tahun dan Sempat Gendut, Mark Wahlberg Kini Pamer Six Packs

Seberapa sering kita harus berlatih untuk mendapatkan six-pack?

Seberapa sering kita berlatih sangat penting dalam mencapai perut six pack yang diinginkan, terutama jika kamu berusia di atas 50 tahun. Inilah masalahnya: Konsistensi adalah kuncinya, tetapi menemukan titik terbaik antara latihan dan memberi waktu pada otot untuk pulih juga sama pentingnya. 

Usahakan untuk melatih otot inti setidaknya tiga hingga empat kali seminggu, dengan menggabungkan kombinasi latihan kekuatan dan kardio yang seimbang.

Jangan lupa untuk mendengarkan tubuhmu, karena latihan berlebihan dapat menyebabkan cedera dan kemunduran. Beri hari-hari istirahat agar otot-otot tersebut pulih dan menguat. Selain itu, pertimbangkan untuk memasukkan sesi yoga atau Pilates untuk memadukan berbagai hal dan membuat tubuh terus menyesuiakan. 

Tips diet untuk perut six pack:

Seperti disebut di atas, six pack tidak bisa hanya dibentuk dengan olahrag, namun juga lewat makanan. Apa yang kita masukkan ke dalam tubuh itu penting. Jadi, berikut adalah tiga tip diet untuk membantu membentuk otot perut.

  • Pertama, perhatikan porsi makan. Menyeimbangkan asupan kalori dengan keluaran energi sangat penting untuk menghilangkan lemak dan memperlihatkan otot perut yang didambakan.
  • Pastikan mendapatkan cukup protein. Ini seperti bahan bakar untuk otot, membantunya memperbaiki dan tumbuh sekaligus membuat kenyang dan puas, yang sangat penting untuk tetap berpegang pada tujuan kita.
  • Konsumsilah makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Makanan ini mengandung banyak nutrisi penting dan antioksidan, menjaga tubuh dalam kondisi prima dan metabolisme bekerja dengan baik.

Dengan mengubah kebiasaan makan, kita akan siap untuk mendapatkan perut six-pack dan menikmati tubuh yang lebih sehat dan bahagia.

Baca juga: Ingin Punya Six Pack? Ini 8 Cara Membentuk Otot Perut

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat