luxdomini.net

Jangan Sepelekan Kebiasaan Mudah Lupa, Kenali 6 Tanda Ini

Ilustrasi lupa.
Lihat Foto

- Lupa nama seseorang atau tak ingat di mana meletakkan barang memang bikin frustrasi, tetapi tak perlu terlalu dikhawatirkan. Terutama jika terjadi seiring bertambahnya usia.

Sehingga, jika mengalaminya, kamu tak perlu panik. Kondisi ini juga tidak eksklusif pada kelompok sosial yang dikategorikan "tua".

"Seiring bertambahnya usia, kita mengalami kelupaan ringan, seperti lupa meletakkan kunci atau kesulitan mengingat nama. Perubahan (kemampuan) memori yang berkaitan dengan usia biasanya tidak perlu dikhawatirkan," ujar neuropsikolog sekaligus asisten profesor neurologi dari Yale School of Medicine, Carmen Carrion, seperti dikutip dari HuffPost, Senin (27/5/2024).

Faktanya, menurut neurolog dari UW Medicine Memory and Brain Wellness Center di Washington, AS, De Michael Rosenbloom, kita mulai kehilangan neuron pada usia 30-an tahun.

Baca juga:

Hal itu membuat kita menjadi kurang efisien dalam belajar dan mengingat seiring waktu.

"Bagi saya hal ini terasa seperti siklus hidup. Ketika masih muda, kita perlu belajar lebih banyak informasi dan sistem-sistem tersebut harus bekerja dengan baik. Namun ketika kita bertambah tua, hal ini tidak lagi terlalu penting," ujar Rosenbloom.

Namun, beberapa kondisi kelupaan bisa dikategorikan tidak normal dan bisa mengindikasikan masalah yang lebih besar. Berikut tanda-tandanya menurut para neurolog.

Tanda mudah lupa yang tidak normal

1. Tidak bisa belajar hal baru

Jika kamu mengalami kesulitan dalam mempelajari hal baru, maka hal itu perlu menjadi perhatian.

Hal ini termasuk dalam hal mengoperasikan gawai baru yang sebelumnya tidak pernah kita gunakan.

"Banyak terjadi di masyarakat kita bahwa ada sebuah gawai baru dan banyak yang tidak tahu cara mengoperasikannya," ujar neurolog dari Lou Ruvo Center for Brain Health di Cleveland Clinic, Dr Charles Bernick.

Baca juga: Kenapa Kenangan Buruk Lebih Mudah Terngiang di Ingatan?

Normal jika kita butuh waktu untuk mempelajari sesuatu yang baru, seperti gawai, tapi jika itu menjadi tugas yang mustahil bagimu, maka cobalah mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

2. Kesulitan memahami hal yang dulu mudah dipelajari

Hal yang menjadi perhatian lainnya adalah jika kita mulai kesulitan melakukan atau memahami hal-hal yang dulu mudah saja kita pelajari.

Misalnya, orang yang gemar memasak, lupa resep-resep yang sebelumnya bisa dengan mudah mereka kerjakan selama bertahun-tahun.

Hal lainnya adalah lupa dalam membayar tagihan-tagihan dan kesulitan membayarnya padahal sebelumnya mudah saja kita lakukan.

"Jika seseorang menemukan kegiatan sehari-hari menjadi hal menatang untuk dilakukan, maka itu sudah menjadi red flag," ujar Bernick.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat