luxdomini.net

Orang Indonesia Paling Malas Jalan Kaki, Berapa Langkah yang Diperlukan untuk Bugar?

Ilustrasi jalan kaki.
Lihat Foto

- Jalan kaki adalah salah satu aktivitas termudah dan terbaik untuk tetap bugar. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, standar emasnya adalah menargetkan 10.000 langkah sehari, di mana kamu bisa melacaknya dengan smartwatch atau perangkat pintar lain.

Namun terkadang, sulit untuk menempuh banyak langkah, terutama selama hari kerja. Siapa yang punya waktu? Dan apakah itu tujuan yang benar-benar harus kita capai?

Ahli fisiologi olahraga, Christopher Travers, MS, berbicara tentang gagasan untuk melakukan 10.000 langkah sehari dan berbagi beberapa saran tentang cara meningkatkan jumlah langkahmu.

Baca juga: Tidak Sempat Jalan Kaki 10.000 Langkah? Ini Alternatifnya

Berapa banyak langkah yang harus kita jalani dalam sehari?

Tidak ada standar universal untuk hal ini. Kamu harus menemukan angka yang sesuai untukmu — Kamu harus memperhitungkan berapa banyak waktu yang kamu miliki untuk berolahraga per hari, tingkat kebugaran, dan usiamu.

Namun perlu diketahui, dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara dengan penduduk yang paling malas jalan kaki. Diketahui, masyarakat indonesia rata-rata hanya aktif berjalan sebanyak 3513 langkah saja.

Nah jika kamu ingin lebih bugar, kamu mungkin perlu secara bertahap meningkatkan jumlah langkah tersebut seiring dengan peningkatan tingkat kebugaranmu. 

Cara lain untuk memikirkan berapa banyak olahraga yang harus dilakukan setiap hari adalah dengan mempertimbangkan pedoman umum aktivitas fisik untuk orang dewasa.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan American College of Sports Medicine merekomendasikan agar kita melakukan olahraga intensitas sedang minimal 30 menit lima hari seminggu, yang berarti 150 menit olahraga dalam seminggu.

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa ini adalah tujuan yang lebih baik dan lebih dapat dicapai dibandingkan jalan kaki 10.000 langkah setiap hari.

“Hal terpenting yang kita perlukan adalah lebih banyak bergerak — kita adalah masyarakat yang tidak banyak bergerak,” kata Travers. “Mulailah dari hal kecil dan jadikan itu bagian dari harimu. Usahakan untuk bergerak selama setidaknya 20 menit sehari.”

Baca juga: 7 Alternatif Jalan Kaki 10.000 Langkah, Ada Lompat Tali

Berapa langkah sehari yang dianggap aktif?

Meskipun semuanya bergantung pada kondisi masing-masing, secara umum disepakati bahwa orang yang berjalan kurang dari 5.000 langkah sehari dianggap memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak, sedangkan berjalan lebih dari 10.000 langkah per hari dianggap aktif.

Para peneliti telah menghasilkan pedoman dasar berikut:

  • Kurang aktif (sedentary/malas): Berjalan kurang dari 5.000 langkah per hari.
  • Aktif rendah: Jalan kaki sekitar 5.000 hingga 7.499 langkah per hari.
  • Agak aktif: Berjalan sekitar 7.500 hingga 9.999 langkah per hari.
  • Aktif: Berjalan lebih dari 10.000 langkah per hari.
  • Sangat aktif: Berjalan lebih dari 12.500 langkah per hari.

Jalan kaki tanpa sepatu atau sendal memiliki banyak manfaat kesehatan.SHUTTERSTOCK Jalan kaki tanpa sepatu atau sendal memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berapa jarak 10.000 langkah?

Jadi, berapa lama yang dibutuhkan dan berapa jauh jara yang harus ditempuh untuk berjalan 10.000 langkah?

“Jumlah langkah ajaib ini setara dengan berjalan hampir 8 kilometer,” jelas Travers.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat