luxdomini.net

8 Pilihan Sepatu Formal Laki-laki, Tak Cuma Oxford

Ilustrasi sepatu formal untuk laki-laki
Lihat Foto

- Ada berbagai jenis sepatu laki-laki yang dapat disesuikan dengan kegiatan masing-masing, termasuk untuk acara formal. Menyesuaikan pilihan sepatu dengan acara maupun outfit yang tepat bisa meningkatkan penampilan kamu. 

Sejumlah acara formal atau resmi yang dimaksud seperti pergi ke kantor, wawancara kerja, bertemu dengan klien, makan malam, lamaran, pernikahan, maupun acara resmi lainnya. Lantas, apa saja pilihan sepatu formal untuk laki-laki? 

Baca juga: Tips Mengetahui Ukuran Sepatu Sendiri dengan Tepat

Berikut pilihannya seperti dihimpun dari Real Man Real Style dan Men’s Journal. 

Sepatu formal laki-laki 

1. Sepatu oxford 

Ilustrasi sepatu oxford atau oxford shoes, pilihan sepatu formal laki-laki.Dok. Pexels/Noah Smith Ilustrasi sepatu oxford atau oxford shoes, pilihan sepatu formal laki-laki.

Sepatu oxford atau oxford shoes adalah pilihan sepatu formal paling klasik, yang paling umum dimiliki para laki-laki. Desainnya timeless, serta memiliki kesan simpel dan elegan. 

“Sama seperti setiap laki-laki membutuhkan setelan jas di lemarinya, dia juga membutuhkan sepatu oxford yang kokoh untuk melengkapinya,” kata Fashion Stylist yang berbasis di New York, Seppe Tirabassi dalam Men’s Journal.  

Seppe juga menyarankan untuk berinvestasi pada sepatu oxford berkualitas yang nyaman, karena bisa meningkatkan penampilan kamu. Ciri khas sepatu oxford adalah tali tertutup (closed laced) yang memberikan kesan ramping dan siluet halus pada sepatu tersebut.

2. Sepatu wholecuts

Sepatu wholecuts memiliki desain yang menyerupai dengan sepatu oxford dengan ciri khas tali tertutup. Namun, sepatu wholecuts mengacu pada sepatu formal yang terbuat dari sepotong kulit, sehingga tidak memiliki pola jahitan di atasnya. 

Teknik ini memberikan tampilan yang sangat rapi pada sepatu wholecuts. Tak heran jika sepatu jenis ini sangat cocok dipakai pada acara formal. 

Baca juga: 6 Jenis Sepatu yang Wajib Dimiliki Laki-laki, Apa Saja?

3. Sepatu derby  

Ilustrasi sepatu formal laki-laki.Freepik Ilustrasi sepatu formal laki-laki.

Jika sebelumnya sepatu oxford dan wholecuts punya ciri khas tali tertutup, maka sepatu derby atau derby shoes punya ikatan tali sepatu terbuka atau open laced. Kamu bisa menjumpai sedikit celah antara kedua penutup tali sepatu. 

Desain tersebut menjadikan sepatu derby tampil lebih kasual dibandingkan sepatu oxford dan wholecuts. Hal tersebut membuat sepatu derby bisa digunakan untuk acara formal, semi formal, maupun kasual. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat