luxdomini.net

6 Cara Mudah untuk Melatih Mindfulness di Segala Usia

Ilustrasi perempuan sedang melatih mindfulness
Lihat Foto

- Mindfulness atau kesadaran adalah kunci untuk menghadapi hidup dengan lebih bijaksana dan memaksimalkan setiap momen yang kita miliki.

Tanpa kesadaran, kita mungkin akan terjebak dalam aliran rutinitas tanpa benar-benar menikmati atau memahami apa yang sedang terjadi di sekitar kita.

Untuk membantu mengasah kesadaranmu, berikut adalah enam cara mudah yang bisa kamu praktikkan setiap hari:

1. Mengadopsi mantra harian

Pilihlah mantra atau afirmasi yang sesuai denganmu. Tidak harus sesuatu yang hebat atau luar biasa. Sesuatu yang sederhana seperti "bernapaslah", "selangkah demi selangkah", "saya sehat", atau "saya kuat dan tangguh".

"Mantra dan afirmasi mendukung gagasan untuk meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan ketenangan dalam tubuh," kata Kate Miskevics, LMFT, seorang terapis di LifeStance Health di Beverly Hills, California.

Baca juga: 10 Praktik Mindfulness untuk Mengatasi Kecemasan

"Berfokus pada satu mantra sepanjang hari dapat memperkuat keyakinan seseorang terhadap diri sendiri, menghasilkan perasaan yang lebih positif, dan mengurangi dampak gejala kecemasan," lanjutnya.

Hal ini mendukung gagasan keseluruhan tentang perhatian penuh dan melatih pikiran untuk tetap berada di masa sekarang, bukan terjebak di masa lalu atau masa depan.

Pertimbangkan untuk menjadikan pengulangan mantra sebagai bagian dari rutinitas pagi atau malam hari, atau buatlah poster atau latar belakang ponsel yang menampilkan mantra yang kamu pilih.

2. Berjalan dengan penuh kesadaran

Berjalan dengan kesadaran adalah cara yang bagus untuk menyatukan tubuh dan pikiran. Saat berjalan, fokuslah pada setiap langkah yang diambil, perasaan kaki menyentuh tanah, dan pernapasan yang teratur.

"Berjalan dengan penuh kesadaran memperkuat hubungan kita dengan diri sendiri dan jalan hidup kita, serta menempatkan kita pada momen saat ini dengan menghubungkan kita dengan tubuh kita terkait dengan bumi," kata Victoria Latifses, seorang psikolog.

Ini adalah kesempatan untuk benar-benar terhubung dengan lingkungan sekitar dan mengalami keindahan kehidupan.

Baca juga: 3 Manfaat Praktik Mindfulness dalam Pekerjaan

3. Menambahkan jeda antar aktivitas dalam harian

Kehidupan kita sering kali penuh dengan kegiatan yang terus-menerus. Menambahkan jeda transisi singkat antara aktivitas satu dengan lainnya dapat membantu kita untuk mengalihkan perhatian dan menghidupkan kembali energi.

"Menjalankan peran dan tanggung jawab yang berat seperti pekerjaan, tugas rumah tangga, dan hubungan sosial dapat membuat transisi sepanjang hari menjadi sangat melelahkan secara emosional," kata Colleen Blake-Miller, seorang psikoterapis.

Misalnya, ambillah waktu sebentar untuk bernapas dalam-dalam atau sekadar menikmati secangkir teh hangat sebelum melanjutkan aktivitas berikutnya.

4. Mencatat hal-hal yang kita syukuri

Praktik bersyukur adalah salah satu cara terbaik untuk melatih kesadaran. Setiap hari, luangkan waktu sejenak untuk mencatat beberapa hal yang membuat kamu bersyukur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat