luxdomini.net

Botox Boleh Dilakukan di Umur Berapa? Ini Jawaban Dokter

Ilustrasi suntik botox
Lihat Foto

JAKARTA, - Saat ini masyarakat sangat memperhatikan penampilan. Bahkan, tak jarang pula anak muda yang sudah mulai melakukan treatment wajah di klinik kecantikan. 

Seiring populernya treatment untuk mencegah penuaan dini (anti-aging), seperti suntik botox, banyak orang pula yang berbondong-bondong melakukan treatment tersebut. 

Namun, tindakan suntik botox ternyata tak boleh sembarang dilakukan. Ada batas usia tertentu untuk bisa melakukan treatment yang satu ini. Usia berapa itu?

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Suntik Botox Pertama Kali

Baca juga: Barbie Botox Bikin Leher Lebih Jenjang, Berapa Biayanya?

Menurut ahli estetika sekaligus Vice President of Medical ZAP, dr. Dara Ayuningtyas, treatment suntik botox direkomendasikan untuk usia 30 tahunan ke atas. 

“Kalau kita lihat di database, atau dari jurnal penelitian itu rekomendasinya kalau di luar negeri sebenarnya umur 20 tahun sudah bisa melakukan (botox), tapi kalau di Indonesia, disarankan untuk usia 30 sampai 40 tahun,” ujar Dara kepada awak media, saat ditemui di ZAP Head Office, Permata Hijau, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024) malam. 

Ahli estetika sekaligus Vice President of Medical di ZAP, dr. Dara Ayuningtyas dalam sesi tanya jawab dengan awak media saat acara buka puasa bersama di ZAP Head Office, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024) malam./CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Ahli estetika sekaligus Vice President of Medical di ZAP, dr. Dara Ayuningtyas dalam sesi tanya jawab dengan awak media saat acara buka puasa bersama di ZAP Head Office, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024) malam.

Perbedaan rentang usia di luar negeri dengan di dalam negeri diakibatkan karena orang luar negeri lebih mudah terkena penuaan dini. 

“Orang luar tuh aging-nya lebih cepat terjadi dibanding orang Indonesia,” tambah Dara. 

Meski begitu, Dara menyebut patokan usia itu sangat bisa berubah seiring berkembangnya zaman. Terlebih, saat ini sudah banyak anak muda yang mudah terkena penuaan dini karena berbagai faktor. 

Baca juga: Ariana Grande Menyesal Filler Bibir dan Botox di Usia 20-an

“Banyak faktornya, dengan coba-coba pakai produk skincare, paparan dari eksternal, itu sudah mengakibatkan aging lebih cepat. Kalau memang dirasa sudah dibutuhkan (suntik botox), pasti akan kita lakukan,” jelasnya. 

Untuk ZAP Clinic sendiri, batas usia termuda untuk bisa treatment adalah 17 tahun. Namun, Dara memastikan, pihaknya pasti akan memeriksa terlebih dahulu kondisi dan permasalahan kulitnya, sehingga bisa mendapatkan treatment yang tepat. 

“Kalau usia di bawah 17 tahun itu kan belum bisa bertanggung jawab ya terhadap dirinya sendiri. Tapi kalau didampingi orangtua dan secara medis memang terindikasi sudah perlu dilakukan (treatment botox), pasti kami akan lakukan,” pungkas Dara. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat