luxdomini.net

6 Ciri-ciri Kulit Sehat yang Perlu Diketahui, Warna Merata 

ilustrasi kulit sehat. Berikut ciri-ciri kulit sehat
Lihat Foto

- Kulit sehat merupakan idaman bagi setiap orang. Oleh sebab itu, banyak orang rela melakukan perawatan agar mendapatkan kulit sehat

Lantas, apa ciri-ciri kulit sehat? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga:

Definisi kulit sehat

Dokter Spesialis Kulit, Kelamin, dan Estetik, Dr. Arini Astasari Widodo, SM, SpDVE, memaparkan definisi kulit sehat

“Kulit sehat ditandai dengan kondisi kulit yang dapat berfungsi secara optimal dan terlihat dalam kondisi baik,” jelasnya kepada , Selasa (9/1/2024). 

Kulit memiliki sejumlah peran penting bagi tubuh. Arini menuturkan, kulit bersama dengan rambut dan kuku, merupakan pelindung tubuh. Selain itu, kulit mencegah kuman masuk ke dalam tubuh dan merusak organ-organ internal. 

“Kulit mendukung kehidupan seluruh bagian tubuh lainnya dan berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kulit juga membantu mengatur suhu tubuh melalui kelenjar keringat,” terangnya. 

Ketika tubuh menjadi terlalu panas, lanjut Arini, kelenjar keringat mengeluarkan kelembapan atau keringat, yang mendinginkan tubuh saat keringat menguap. 

Sebagai bagian tubuh yang bertanggung jawab atas indera peraba, kulit juga bekerja dengan sistem saraf untuk memberi peringatan kepada tubuh terhadap bahaya potensial dengan mendeteksi tekanan, rasa sakit, panas, dan dingin. 

Baca juga:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat