luxdomini.net

10 Cara Untuk Membuat Anak Tengah Merasa Dihargai

ilustrasi anak
Lihat Foto

- Anak tengah sering kali merasa harus bersaing dengan saudara-saudaranya agar bisa mendapatkan perhatian orangtua.

Pendapat ini didasari perasaan bahwa orangtua dianggap lebih menyayangi anak sulung dan anak bungsu, karena yang sulung merupakan anak pertama, sedangkan yang bungsu adalah anak terkecil.

Perasaan inilah yang mungkin menyebabkan anak tengah cenderung rebel atau susah diatur dibandingkan saudara-saudaranya yang selalu berusaha untuk menjadi anak manis.

Dan karena itu, sebagai orangtua kita sebenarnya perlu memastikan bahwa kita tetap menyayangi mereka sama seperti anak lainnya dengan menunjukkan apresiasi.

Nah, dilansir dari laman Moms, simak beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat anak tengah merasa lebih dihargai sebagai berikut.

1. Sering memberikan kasih sayang

Salah satu cara termudah yang dapat dilakukan orangtua untuk menunjukkan kepada anak tengah betapa mereka dihargai adalah dengan sering memberi mereka kasih sayang.

Ini karena anak tengah jarang mendapatkan kasih sayang yang sama dengan anak sulung atau anak bungsu.

Oleh sebab itu, dengan meluangkan waktu untuk memberikan pelukan dan ciuman kepada anak tengah seperti kepada anak yang lebih muda dan lebih tua, anak tengah akan tahu betapa dihargainya mereka.

2. Memberikan pujian

Karena anak tertua adalah yang melakukan segalanya lebih dulu dan yang termuda adalah yang terakhir mencoba pencapaian, mereka biasanya menerima pujian untuk semua yang mereka lakukan, tidak peduli seberapa besar atau kecil prestasinya.

Di sisi lain, anak tengah jarang mendapatkan pujian bahkan ketika mereka menyelesaikan tugas dengan sangat baik.

Tapi, terlepas dari apa pun prestasinya, orangtua wajib memberikan pujian pada seluruh anak-anaknya, termasuk anak tengah juga layak untuk mendapatkan pujian ketika melakukan pekerjaan dengan baik.

3. Memiliki waktu berdua

Tidak ada yang lebih istimewa bagi anak-anak daripada memiliki waktu berduaan dengan orangtua.

Tetapi karena anak tengah bukanlah anak sulung yang pernah mendapatkan perhatian penuh, juga bukan bayi yang membutuhkan perhatian ekstra, hal ini sangat jarang terjadi pada mereka.

Karena itu, meluangkan waktu untuk merencanakan sesuatu yang menyenangkan hanya dengan ibu dan anak tengah akan menunjukkan kepada mereka betapa mereka dihargai setiap saat.

4. Tidak membandingkannya dengan saudara lain

Jika ada satu hal yang membuat anak tengah bosan mendengarnya adalah bagaimana mereka dibandingkan dengan saudaranya yang lebih tua dan lebih muda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat