luxdomini.net

7 Cara Melatih Fokus agar Tidak Mudah Kehilangan Konsentrasi

Ilustrasi
Lihat Foto

- Setiap hari, kita pasti dihadapkan dengan kegiatan yang memerlukan konsentrasi. Terkadang saat banyak hal yang mengalihkan perhatian, sulit untuk berkonsentrasi.

Namun ada beberapa cara melatih fokus yang layak dicoba, mulai dari menulis jurnal hingga digital detox.

Pendekatan yang dilakukan tentu berbeda-beda pada setiap orang. Apa yang efektif pada satu orang belum tentu berlaku sama pada orang lain. Setelah mencoba beberapa cara, akan terlihat mana yang paling efektif.

Cara melatih fokus

Membiarkan pikiran berkelana atau memaksakan diri untuk melakukan lebih dari satu hal di satu waktu hanya akan membuat tugas terbengkalai. Untuk bisa menuntaskan tugas dengan cepat sekaligus teliti, diperlukan latihan fokus.

Berikut ini beberapa cara melatih fokus yang bisa dijajal:

1. Digital detox

Apabila otak dan tangan tanpa sadar selalu tergerak untuk membuka aplikasi media sosial, mungkin sudah saatnya mencoba digital detox.

Caranya bisa berbeda-beda setiap orang, mulai dari membatasi durasi mengakses media sosial setiap harinya, mematikan notifikasi, atau menghapus aplikasinya dari ponsel.

Pada awalnya, digital detox akan terasa sulit karena kebiasaan yang sudah terbentuk selama ini.

Namun jika sudah berhasil terlewati, akan terlihat betapa banyaknya waktu terbuang sia-sia selama ini hanya untuk mengakses media sosial.

Baca juga: Digital Detox alias Puasa Medsos, Bagaimana Caranya?

2. Buat daftar tugas

Tuliskan to-do list atau daftar tugas yang harus dilakukan dalam periode tertentu mulai dari harian, mingguan, atau bulanan.

Daftar ini bisa ditulis langsung di kertas atau menggunakan aplikasi di ponsel. Keduanya sama-sama efektif, bergantung pada mana yang lebih disukai.

Menurut penelitian, daftar tugas yang tertulis dapat meningkatkan produktivitas seseorang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat